get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Sebut Kabupaten Pandeglang Masuk 10 Daerah Rawan Pelanggaran Pemilu

Cegah Penyakit Lato-lato Jelang Idul Adha, DPKP Pandeglang akan Periksa Lapak Ternak

Rabu, 07 Juni 2023 | 13:23 WIB
header img
Hewan Ternak di Pandeglang (foto ilustrasi/dok iNewsPandeglang.id)

Menurut Wahyu, pihaknya akan menyusun jadwal pengecekan di wilayah utara, tengah dan selatan bersamaa dengan provinsi dan UPT Puskeswan Pandeglang

Tak hanya itu saja kata dia,  pemberian vaksinasi juga  pada hewan ternak akan dilakukan untuk menekan penyebaran penyakit LCD atau virus lato-lato tersebut.

“Alhamdulilah Minggu kemarin vaksin LSD sudah turun dan mungkin kita akan sosialisasikan karena semua hewan kurban itu rentan LSD ini,” tutur  Wahyu.

Wahyu juga menyebut untuk setiap hewan ternak yang masuk ke wilayah Kabupaten Pandeglang perlu memenuhi kelengkapan surat lalu lintas hewan ternak seperti Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) menandakan hewan itu sehat dan surat perlintasan hewan.

Sementara itu, Entang Mulyana salah seorang penjual Domba mengatakan, dengan adanya penyakit LSD ini sejumlah hewan ternak dombanya  sudah dilakukan antisipasi dengan melakukan vaksinasi.

"Kita melakukan langkah vaksinasi secara berkala untuk mencegah penyakit ini tentu harus diwaspadai karena sangat rentan. Karena itu, saat Idul Adha nanti hewan ternak dalam kondisi sehat,” katanya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut