get app
inews
Aa Read Next : Siksa Rekan hingga Tewas, 6 Mahasiswa UPNM di Malaysia Dihukum Gantung

Ini Dia 5 Gebrakan PM Malaysia Anwar Ibrahim, Nomer 5 Tolak Terima Gaji

Senin, 28 November 2022 | 21:25 WIB
header img
5 Gebrakan PM Malaysia Anwar Ibrahim. Foto twitter @anwaribrahim

JAKARTAiNewsPandeglang.idAnwar Ibrahim usai  dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia   pada Kamis (24/11/2022) lalu,  langsung tancap gas mempersiapkan berbagai programnya. Kendati demikian  kabinet belum dibentuk, dia sudah mengungkapkan sejumlah  rencana kebijakan dalam kepemimpinannya.

Sejumlah kebijakan Anwar ini menyoroti terkait perbaikan ekonomi dan kemiskinan di negeri jiran tersebut.

Tetapi yang lebih menarik perhatian publik adalah Anwar menolak terima gaji sebagai Perdana Malaysia dan akan memangkas gaji menteri kabinet.

Lantas apa saja kebijakan Anwar Ibrahim? berikut ini ada 5 Gebrakan Anwar Ibrahim selama memimpin roda pemerintahan Malaysia yang dikutip dari MNC Portal Indonesia diantaranya :

1. Tambah Hari Libur Nasional

Anwar menetapkan Senin (28/11/2022) menjadi hari libur nasional. Sebenarnya Anwar menjanjikan libur nasional pada Senin pekan lalu, namun saat itu Raja Malaysia masih fokus untuk  menentukan perdana menteri akibat kebuntuan politik pasca-pemilu. Rencana mengubahnya menjadi Jumat juga batal terkait alasan pasar.

Pasca-penunjukan dirinya sebagai PM  pasar saham Malaysia melejit sebagai bentuk kepercayaan investor. Sejalan dengan itu,  Anwar tak ingin menyia-nyiakan moment tersebut.

 

2. Komitmen Perangi Korupsi

Anwar Ibrahim berkomitmen memerangi korupsi. Dia yakin akan membentuk pemerintahan yang baik dengan komitmen kuat terhadap anti-korupsi. 

Tagline memerangi korupsi ini juga dia pakai selama kampanye dan berhasil menyedot atensi masyarakat. Di bawah pemerintahannya, korupsi tidak akan dibiarkan merajalela di Malaysia. Isu ini kian santer di Malaysia setelah mantan perdana menteri Najib Razak terlibat mega-korupsi 1MDB melibatkan dana ratusan triliun rupiah.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut