get app
inews
Aa Read Next : Tegas! Malaysia Larang Pemutaran Film yang Promosikan LGBT dan Islamofobia

KJRI Johor Bahru dan Malaysia Umumkan Berbagai Capaian Menggembirakan Kedua Negara

Minggu, 03 Desember 2023 | 22:12 WIB
header img
Pengerukan tumpeng yang dilakukan secara bersama-sama oleh Konsul Jenderal RI dan Menteri Besar Johor beserta spouse saat perayaan National Day Reception. Foto KJRI Johor Bahru

JOHOR BAHRU, iNewsPandeglang.id - Dari waktu ke waktu, hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia terus melaju pesat dalam berbagai bidang. Hal tersebut seperti diungkapkan dalam siaran pers yang dibagikan Konsul Jenderal RI baru-baru ini. 

Di bidang ekonomi,  nilai ekspor Indonesia telah telah berhasil mencapai nilai ekspor sebesar 21 Milyar dan nilai impor sebesar RM 18,5 milyar ke-4 wilayah Negeri yaitu Johor, Melaka, Negeri Sembilan dan Pahang pada bulan Januari s/d September 2023. Dan diharapkan nilai tersebut akan meningkat karena pada bulan September 2023 dibentuk Jobatbiz atau Johor-Batam-Bussines yang merupakan joint force dari Kerajaan Johor, Batam dan KJRI Johor Bahru dengan tugas untuk meningkatkan hubungan ekonomi. 

Konsul Jenderal RI Sigit Suryantoro Widiyanto juga menyampaikan bahwa pada bulan September 2023, pada Pertemuan Tingkat Menteri IMT-GT ke-29 di Batam menyepakati usulan pembukaan jalur kapal Roll n Roll off Batam dan Johor Bahru, yang akan meningkatkan perdagangan sekaligus membuka konektivitas darat Indonesia-Malaysia yang akan meningkatkan pariwisata dan people to people contact.

Di bidang sosial dan budaya Konsul Jenderal RI menyampaikan bahwa kerjasama yang terjalin sudah terlaksana dengan baik. Pada bulan Juni 2023, KJRI Johor Bahru bekerja sama dengan Yayasan Warisan Johor menyelenggarakan kegiatan silang budaya dengan tajuk “ Wonderful Nusantara Festival”. Pengisi kegiatan ini adalah anak-anak sekolah kedua negara yang berlatih bersama-sama untuk menampilkan sebuah cultural performance. Kegiatan ini merupakan wujud nyata kuat dan eratnya hubungan budaya antara Indonesia dan Malaysia.

Capaian-capaian penting dalam kerja sama antara Indonesia dan Malaysia tersebut terungkap dalam rangkaian perayaan National Day Reception kemerdekaan RI ke-78 di Double Tree Hotel, Johor Bahru pada (29/11/2023).

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut