get app
inews
Aa Read Next : Tegas! Malaysia Larang Pemutaran Film yang Promosikan LGBT dan Islamofobia

Atraksi Reog Ponorogo Meriahkan Promosi Budaya Indonesia di Malaysia

Senin, 11 Desember 2023 | 06:41 WIB
header img
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru memfasilitasi Kegiatan “Gebyar Seni Reog Ponorogo” di lobi Plaza Angsana Mall Johor Bahru, Malaysia. Foto KJRI Johor Bahru

JOHOR BAHRU, iNewsPandeglang.id - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru memfasilitasi Kegiatan “Gebyar Seni Reog Ponorogo” di lobi Plaza Angsana Mall Johor Bahru. Ini tentu bakal  menjadi pengalaman yang menarik dan dapat memperkenalkan seni budaya Indonesia kepada masyarakat dunia khususnya Johor Bahru, Malaysia, katena ni adalah pertama kalinya Reog Ponorogo ditampilkan di sebuah mall di Johor Bahru, Minggu (10/12/2023).

Inisiatif "Gebyar Seni Reog Ponorogo" yang awalnya digagas  oleh Paguyuban Warga Ponorogo (Pawargo) sebagai perayaan ulang tahun ke-7 mereka telah berkembang menjadi sebuah kolaborasi yang melibatkan berbagai organisasi masyarakat Indonesia. Melibatkan 8 ormas lainnya, kegiatan ini menjadi peluang untuk mempromosikan keberagaman budaya Indonesia dan memperkuat solidaritas antarorganisasi. 


Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru memfasilitasi Kegiatan “Gebyar Seni Reog Ponorogo” di lobi Plaza Angsana Mall Johor Bahru. Foto KJRI Johor Bahru

 

Kedelapan organisasi ini yakni Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW), Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI), Persatuan Relawan Indonesia Maju (PRIM), Sahabat Indonesia, Pagar Nusa dan Komunikasi Organisasi Pekerja Migran Indonesia (KOMI).  

Selain Reog ditampilkan pula pencak silat  dan beberapa tarian seperti Tari Srikandhi, Jathilan, Tari Bujang Ganong. Seluruh pengisi acara adalah masyarat Indonesia di Johor yang tergabung dalam 8 ormas tersebut.  Selain pertunjukkan budaya terdapat pula kegiatan diskusi tentang sejarah dan perkembangan reog Ponorogo di Malaysia dengan mendatangkan narasumber dari Malaysia, Indonesia dan Pawargo.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut