get app
inews
Aa Read Next : Tegas! Malaysia Larang Pemutaran Film yang Promosikan LGBT dan Islamofobia

Ini Cara KJRI Promosi Bahasa Jawa di Johor Malaysia

Rabu, 22 Mei 2024 | 22:17 WIB
header img
Peresmian Program BIPA – Bahasa Jawa di Johor, Malaysia. Foto Istimewa

JOHOR BAHRU, iNewsPandeglang.id - KJRI Johor Bahru dan KBRI Kuala Lumpur, Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus menggencarkan promosi Bahasa Jawa bagi Penutur Asing (BIPA) di Johor, Malaysia.  Program ini melahirkan Kursus bahasa Jawa ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Perwakilan RI di Malaysia. 

Peresmian program ini dilakukan oleh Konjen RI Johor Bahru, mewakili Dubes RI Kuala Lumpur, di Keraton Mbah Anang pada tanggal 21 Mei 2024 lalu.

Konjen RI Johor Bahru, Sigit Suryantoro Widiyanto, menyatakan bahwa kursus ini adalah salah satu upaya agar budaya Jawa menjadi sebuah budaya yang inklusif sehingga dapat berkembang dan terus lestari. 

"Sejak berpuluh tahun yang lalu, banyak keturunan masyarakat Jawa yang berdomisili di Johor, khususnya di daerah Muar dan Batu Pahat. Kursus ini juga diharapkan dapat menjadi cikal bakal terbentuknya sebuah pusat budaya Jawa di Johor," katanya saat sambutan.

Menurut Sigit, tenaga pengajar dan kurikulum kursus, yang pada tahap awal ini dilakukan secara online, berasal dari UNESA. Melalui 16 sesi pengajaran, penutur asing diharapkan dapat menguasai dasar-dasar bahasa Jawa. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut