get app
inews
Aa Read Next : Siksa Rekan hingga Tewas, 6 Mahasiswa UPNM di Malaysia Dihukum Gantung

Ini Dia 5 Gebrakan PM Malaysia Anwar Ibrahim, Nomer 5 Tolak Terima Gaji

Senin, 28 November 2022 | 21:25 WIB
header img
5 Gebrakan PM Malaysia Anwar Ibrahim. Foto twitter @anwaribrahim

5Tolak Terima Gaji PM dan Pangkas Gaji Menteri

Tak hanya S merampingkan kabinet, dia juga akan memangkas gaji menteri. Namun besaran pemangkasan gaji masih dibahas. Anwar meminta para menteri baru untuk menyetujui usulan ini. 

Pemotongan gaji menteri dalam kabinet sebelumnya sudah pernah terjadi yakni pada 2018 di bawah pemerintahan Mahathir Mohamad.

Ketika itu, gaji menteri yang tergabung dalam kabinet koalisi Pakatan Harapan dipangkas hingga 10 persen dari gaji pokok. Tujuan pemangkasan gaji menteri adalah untuk membantu keuangan negara. 

Anwar juga menegaskan tidak akan menerima gaji sebagai PM Malaysia. Sikapnya itu ditunjukkan sebagai bentuk solidaritas kepada rakyat yang tengah berjuang meningkatkan biaya hidup.

Dia ingin mengembalikan kepercayaan masyarakat Malaysia dengan tidak melihat ada menteri atau pemimpin yang berorientasi pada saham, kontrak, dan gaji. 

“Saya tidak akan mengambil gaji sebagai Perdana Menteri karena saya malu mengambil gaji 80.000 ringgit (sekitar Rp280 juta) saat ada warga asli desa yang saya kunjungi sulit mendapatkan 400 ringgit (Rp1,4 juta) per bulan," katanya.

Artikel ini telah tayang di halaman iNews.id dengan judul 5 Gebrakan PM Malaysia Anwar Ibrahim, Rampingkan Kabinet hingga Tak Ambil Gaji editor Anton Suhartono

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut