get app
inews
Aa Read Next : 5 Amalan Malam Nuzulul Quran, Nomor 4 Pahalanya Berlipat Ganda

Mengenal Munggahan, Tradisi Masyarakat Sunda Menjelang Puasa Ramadan, Apa Saja yang Dilakukan?

Minggu, 10 Maret 2024 | 09:21 WIB
header img
Masyarakat di Menes, Pandeglang, Banten menggelar Babacakan atau makan bersama sebagai tradisi Munggahan menjelang Puasa Ramadam. Foto dok. iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Tradisi Munggahan adalah tradisi masyarakat Sunda yang dilakukan menjelang bulan suci Ramadan. Munggahan berasal dari kata "Munggah" yang berarti berjalan, naik, atau keluar dari kebiasaan kehidupan sehari-hari.

Munggahan adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Sunda menjelang bulan suci Ramadan. Tradisi ini berasal dari kata "Munggah" yang artinya berjalan, naik, atau keluar dari kebiasaan kehidupan sehari-hari. Munggahan dilakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan dengan keluar dari rutinitas sehari-hari dan mempersiapkan diri secara spiritual.

Tradisi Munggahan Puasa Ramadan dilakukan oleh masyarakat Islam suku Sunda sebagai persiapan menyambut bulan suci Ramadan. Berikut adalah beberapa hal yang biasanya dilakukan dalam tradisi Munggahan:

1. Bepergian ke tempat wisata
Masyarakat sering kali mengadakan perjalanan ke tempat-tempat wisata sebagai bentuk mengisi waktu sebelum memasuki bulan Ramadan.

2. Membersihkan makam keluarga
Salah satu kegiatan penting dalam Munggahan adalah membersihkan dan merawat makam keluarga sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur.

3. Membersihkan seluruh anggota badan
Masyarakat melakukan ritual keramas sebagai bagian dari persiapan menyambut Ramadan, mengikuti sunnah Rasulullah SAW untuk membersihkan diri.

4. Meminta maaf
Tradisi ini juga mencakup saling memaafkan antara sesama, termasuk meminta maaf kepada orangtua, teman, sahabat, dan kerabat sebagai bentuk persiapan spiritual menjelang Ramadan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut