get app
inews
Aa Read Next : 7 Cara Menahan Hawa Nafsu dan Amarah Saat Berpuasa

5 Amalan Malam Nuzulul Quran, Nomor 4 Pahalanya Berlipat Ganda

Rabu, 27 Maret 2024 | 21:03 WIB
header img
Ilustrasi Membaca Al Quran. Foto Freepik

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - 5 amalam malam Nuzulul Quran menarik diulas untuk diketahui. Malam Nuzulul Quran merupakan malam yang sangat dinantikan sepanjang bulan Ramadan. 

Malam ini selalu jatuh pada hari ganjil bulan Ramadhan, lebih tepatnya setiap tanggal 17 Ramadan. Pada Malam Nuzulul Quran, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, baik ibadah wajib maupun sunnah.

Selain itu, sangat penting untuk berdoa dan berdzikir dengan sungguh-sungguh. Hal ini merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh berkah serta ampunan-Nya pada malam yang istimewa ini.

Malam Nuzulul Quran adalah malam yang istimewa dalam ajaran agama Islam karena pada malam tersebut Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kehadiran Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam memberikan pedoman dan petunjuk bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan yang baik dan benar. 

Oleh karena itu, Malam Nuzulul Quran dianggap sebagai malam yang penuh berkah dan kemuliaan, dan umat Islam dianjurkan untuk memanfaatkannya dengan melakukan ibadah dan amalan yang baik.

Nah,  berikut adalah lima amalan yang dianjurkan dilakukan saat Malam Nuzulul Quran tiba  kami rangkum dari berbagai sumber antara lain: 

1. Membaca Al-Quran

Memperbanyak membaca Al-Quran pada malam tersebut sebagai bentuk ibadah yang sangat dianjurkan. Membaca Al-Quran pada Malam Nuzulul Quran memiliki nilai keistimewaan tersendiri.

2. Berdoa
Memperbanyak berdoa kepada Allah SWT untuk memohon ampunan, petunjuk, serta keberkahan dalam hidup, serta memohon agar diberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap ajaran Al-Quran.

3. Mengerjakan Salat Malam
Melakukan sholat malam atau tahajjud sebagai bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sholat malam pada Malam Nuzulul Quran memiliki nilai keberkahan yang tinggi.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut