get app
inews
Aa Read Next : 5 Amalan Malam Nuzulul Quran, Nomor 4 Pahalanya Berlipat Ganda

Malam Nuzulul Quran 2024 Kapan? Ini Sejarah Singkat, Arti Berikut Amalan dan Keistimewaannya

Rabu, 27 Maret 2024 | 00:28 WIB
header img
Ilustrasi Al Quran. Foto freepik

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Nuzulul Quran merupakan momen suci dalam Islam yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadan untuk merayakan peristiwa turunnya Al-Quran ke bumi. Lantas, bagaimana sejarahnya? Berikut ulasannya kami rangkum dari berbagai sumber.

Sejarah singkat peristiwa Nuzulul Quran menggambarkan momen penting di mana Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW oleh Jibril dalam gua Hira. Peristiwa ini terjadi sekitar tahun 608-609 M, ketika Nabi Muhammad berusia 40 tahun. Turunnya wahyu dimulai dengan kata "Iqra'!" yang berarti "Bacalah," dan wahyu pertama yang diterima adalah surah Al-Alaq ayat 1-5.

Istilah "Nuzulul Quran" berasal dari bahasa Arab yang secara harfiah berarti "turunnya Al-Quran". Artinya, Nuzulul Quran merujuk kepada peristiwa ketika wahyu pertama Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira.

Nuzulul Quran memiliki arti "turunnya Al-Quran" dan merujuk pada peristiwa penting dalam Islam ketika Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW oleh Allah SWT. Sejarah Nuzulul Quran terjadi saat bulan Ramadan, dalam malam Lailatul Qadr atau "Malam Kemuliaan", yang merupakan salah satu malam teristimewa dalam Islam. Pada malam ini, Al-Quran pertama kali diturunkan dari Lauhul Mahfuz (Kitab Suci di sisi Allah) ke langit dunia.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut