get app
inews
Aa Read Next : Gegara Angin Ribut, Pohon Tumbang hantam 3 Mobil Parkir di Bonakarta Cilegon

Warga Taman Cilegon Indah Keluhkan Pencemaran Lingkungan Bau Limbah Industri

Minggu, 03 September 2023 | 10:58 WIB
header img
Pencemaran lingkungan dari paparan polusi industri sekitar yang diduga berasal dari limbah industri di Perumahan Taman Cilegon Indah, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten meresahkan warga dan menimbulkan polusi udara. Foto Iskandar

"Mereka mengaku kerap merasakan bau mirip belerang hingga mengalami batuk,  pilek dan mual akibat menghirup udara yang diduga tercemar," ucap Rahmat baru-baru ini.

Rahmat juga mengaku terjadinya pencemaran lingkungan akibat polusi udara ini sudah terjadi satu tahun dan baru terasa pada tiga bulan ini.

Dengan kondisi tersebut. Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon langsung mendatangkan pelayanan laboratorium terpadu dengan memasang alat pengukur udara di wilayah sekitar.

Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada DLH Kota Cilegon Thorfatul Uyun mengatakan, pemasangan alat ukur udara yang didatangkan DLH Kota Cilegon dilakukan untuk mengetahui ambang batas tingkat pencemaran udara di lokasi selama dua kali dua puluh empat jam.

"Terdapat di dua titik, untuk mengetahui tingkat kualitas udara di lokasi yang terpapar pencemaran polusi udara yang diduga dari  stockpile batu bara," katanya.

DLH Kota Cilegon mengaku hanya bisa melakukan upaya tersebut lantaran stockpile batu bara di sekitar permukiman warga berada di wilayah Kabupaten Serang.

"Sehingga Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon hanya melakukan koordinasi untuk penanganannya, lantaran warga Kota Cilegon yang terdampak dan akan berkoordinasi ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang," tuturnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut