get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

5 Misteri Gunung Anak Krakatau yang Mengerikan, Dari Mulai Sering Erupsi Hingga..

Minggu, 26 Maret 2023 | 23:32 WIB
header img
5 Misteri Gunung Anak Krakatau yang Mengerikan. Foto Gunung Anak Krakatau/IG @gunungkrakatau

LAMPUNG, iNewsPandeglang.id - Erupsi Gunung Anak Krakatau hingga malam ini masih berlangsung. Hal tersebut sebagaimana dilaporkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Minggu malam (26/03/2023).

Gunung berapi yang berlokasi di perairan Selat Sunda itu berstatus Siaga atau Level III. Gunung Krakatau yang berstatus paling aktif di indonesia ini untuk  Masyarakat, nelayan dan wisatawan dihimbau tidak beraktifitas dalam radius 5 kilometer dari gunung. 

Tak hanya itu, gunung yang pernah meletus dahsyat pada tahun 1883 yang menimbulkan gempa dan tsunami yang menewaskan puluhan ribu jiwa penduduk Jawa Barat dan daerah timur Sumatera  masa silam. Konon menurut cerita yang beredar di masyarakat terdapat 5 misteri mengerikan terkait mitos gunung yang terletak di selat Sunda ini juga dikramatkan oleh masyarakat sekitar.

Lantas apa saja 5 Misteri Gunung Anak Krakatau yang mengerikan yang dimaksud?. Berikut ini mengutip dari chanel youtube pegawai jalanan di antaranya :

1. Ramalan Ronggowarsito

Ronggowarsito seorang pujangga kerajaan Surakarta membuat Kitab Raja Purwa sebelum meletus pada 1883.  Disebutkan dalam kitabnya itu bahwa seluruh dunia terguncang hebat, dan guntur menggelegar, diikuti hujan lebat dan badai, tetapi air hujan itu bukannya mematikan ledakan api Gunung Kapi, melainkan semakin mengobarkannya,suaranya mengerikan, akhirnya Gunung Kapi dengan suara dahsyat meledak berkeping-keping dan tenggelam ke bagian terdalam dari bumi,

” …di tahun Saka 338 (416 Masehi) sebuah bunyi menggelegar terdengar dari Gunung Batuwara yang dijawab dengan suara serupa yang datang dari Gunung Kapi yang terletak di sebelah barat Banten modern.”

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut