get app
inews
Aa Read Next : Awas, Gunung Anak Krakatau Erupsi Kembali, Lontarkan Abu Vulkanik 200 Meter

Gunung Anak Krakatau Erupsi Berkali-kali, Masyarakat Diimbau Waspada

Selasa, 28 November 2023 | 06:35 WIB
header img
Gunung Anak Krakatau Erupsi. Foto PVMBG

BANTEN, iNewsPandeglang.id - Gunung Anak Krakatau kembali mengalami erupsi pada Selasa (28/11/2023). Gunung api yang berada di Selat Sunda ini menyemburkan abu mulai hingga 2000 meter dari atas puncak.

Hal itu sebagaimana dilaporkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak Minggu  hingga Senin pagi 26-28 sudah berkali-kali erupsi. Letusan terakhir terjadi sekitar  pukul 00:00 WIB Senin (26/11/2023), tinggi kolom letusan teramati  2000 meter di atas puncak.

Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 75 mm dan durasi 149 detik.

"Terjadi erupsi G. Anak Krakatau pada hari Selasa, 28 November 2023, pukul 00:00 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 2000 m di atas puncak (± 2157 m di atas permukaan laut)," tulis PVMBG dalam keterangan resminya.

Laporan disusun oleh Anggi Nuryo Saputro,  petugas pos pantau GAK di Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, kemudian diunggah ke Magma Indonesia, aplikasi resmi milik Kementrian ESDM.

Anggi mengimbau kepada masyarakat, nelayan dan wisatawan untuk tidak beraktifitas dalam radius 5 kilometer dari gunung. Gunung berapi yang berlokasi di perairan Selat Sunda itu berstatus Siaga atau Level III.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut