get app
inews
Aa Read Next : Doa Akhir Ramadan Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW, Berikut Artinya

Harus Tahu! Ini 9 Amalan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan dan Keistimewaannya

Kamis, 23 Maret 2023 | 00:22 WIB
header img
9 Amalan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan dan Keistimewaannya. Foto ilustrasi freepik

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Umat muslim perlu mengetahui ada 9 amalan 10 hari pertama di bulan Ramadan yang perlu digalakkan  untuk mendapat pahala di bulan yang penuh berkah ini. Seperti Tadarus  atau membaca Al Quran, sedekah, salat tarawih dan lainnya.

Pada 10 hari pertama bulan Ramadan dalam hadis diungkapkan  bahwa fase ini dengan penuh rahmat, selanjutnya pada pertengahan 10 hari kedua  yaitu penuh ampunan dan terakhir pembebasan dari api neraka.

Nah, dengan demikian  umat islam tentu harus memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya bulan Ramadan dengan amalan-amalan yang bisa mendapatkan pahala berlimpah.

Adapun  keutamaan 10 hari pertama di Bulan Ramadhan disebutkan dalam hadits berikut:

أبي هريرة : أول شهر رمضان رحمة، وأوسطه مغفرة، وآخره عتق من النار. رواه ابن أبي الدنيا والخطيب وابن عساكر.

Dari Abu Hurariah, Ramadhan itu adalah bulan yang awalnya penuh dengan rahmat. Di pertengahannya penuh dengan ampunan. Dan, di ujungnya pembebasan dari api neraka.” (HR Ibnu Abi Dunya dan Ibnu 'Asakir)

Dalam sebuah hadits disebutkan, amalan Sunnah yang dikerjakan termasuk pada 10 hari pertama di Bulan Ramadhan pahalanya bisa setara dengan ibadah wajib.

Oleh karena itu, Muslim dianjurkan untuk terus meningkatkan amal ibadah di bulan puasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan kesungguhan agar diampuni semua dosa-dosanya dan dijadikan manusia yang bertakwa.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi s.a.w. bersabda: “Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 37 dan Muslim: 1266).

Dalam hadits lain disebutkan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيهِ بِعَزِيمَةٍ فَيَقُولُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Rasulullah SAW menganjurkan agar mengerjakan shalat malam pada bulan Ramadhan, akan tetapi tidak mewajibkannya. Beliau ber¬sabda: “Siapa yang mengerjakan shalat malam pada bulan Ramadhan dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (Hadis Shahih, riwayat Bukhari: 36 dan Muslim: 1267. teks hadis riwayat al-Bukhari).

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut