get app
inews
Aa Read Next : Doa Akhir Ramadan Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW, Berikut Artinya

Bacaan Dzikir, Istighfar & Doa Mustajab Menjelang Buka Puasa Ramadan

Rabu, 27 Maret 2024 | 13:13 WIB
header img
Foto Ilustrasi Freepik

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Membaca dzikir, istighfar, dan doa menjelang buka puasa merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam agama Islam. Hal ini merupakan bagian dari sunnah Rasulullah SAW yang dapat dilakukan untuk memperoleh keberkahan dan ampunan Allah SWT.

Tradisi membaca dzikir, istighfar, dan doa menjelang buka puasa umumnya dilakukan di masjid atau musala menjelang waktu berbuka puasa, tepat sebelum adzan Maghrib. Selain itu, praktik ini juga bisa dilakukan di rumah bersama keluarga atau secara pribadi sebagai bentuk memperkuat ibadah di bulan Ramadan.

Membaca dzikir dan istighfar adalah cara untuk mengingat Allah SWT dan memohon ampunan-Nya atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Sedangkan doa menjelang buka puasa adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT karena telah diberi kesempatan untuk berpuasa dan berharap agar puasanya diterima serta mendapatkan keberkahan.

Bulan Ramadhan merupakan momen yang sangat istimewa bagi umat Islam untuk mendulang pahala dan ampunan dari Allah SWT. Selama bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, termasuk berdzikir, istighfar (memohon ampunan), dan membaca doa dengan lebih banyak dari biasanya. 

Melalui ibadah tersebut, umat Islam berharap untuk mendekatkan diri kepada Allah, membersihkan hati dan jiwa dari dosa, serta memperoleh keberkahan dan rahmat-Nya. Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk memperbaiki diri, meningkatkan kesadaran spiritual, dan meraih keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam hadits Nabi Muhammad SAW, menyebutkan bahwa di bulan Ramadan, kita harus memperbanyak empat hal. Dua hal pertama adalah untuk mendapatkan keridhaan Allah, sementara dua hal lainnya adalah sesuatu yang sangat kita butuhkan. Dua hal yang mendatangkan keridhaan Allah adalah mengucapkan syahadat (أشهد ألا إله إلا الله) dan memohon ampunan kepada-Nya dengan membaca (أستغفر الله العظيم).

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut