get app
inews
Aa Read Next : Doa Akhir Ramadan Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW, Berikut Artinya

Bacaan Dzikir, Istighfar & Doa Mustajab Menjelang Buka Puasa Ramadan

Rabu, 27 Maret 2024 | 13:13 WIB
header img
Foto Ilustrasi Freepik

Berikut adalah bacaan dzikir, istighfar, dan doa yang dianjurkan menjelang waktu berbuka puasa yang dianggap mustajab:

1. Dzikir:
   أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللّٰهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَّعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى أَصْحَابِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَزْوَاجِ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى ذُرِّيَّةِ مُحَمَّدٍ وَسَلِّمْ تَسْلِيمًا كَثِيْرًا

   Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya, serta sahabat-sahabatnya. Dan semoga keselamatan terlimpahkan kepada mereka."

2. Istighfar
   أَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

   Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar, tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

3. Doa:
   اللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

   Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, Engkau menyukai keampunan, maka ampunilah aku."


Dua hal yang sangat kita butuhkan adalah meminta kepada Allah untuk dimasukkan ke dalam surga dan dijauhkan dari api neraka. Hal ini merupakan doa yang penting bagi umat Islam untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah.

Buka puasa merupakan momen yang sangat dinantikan oleh umat Islam di Bulan Ramadan. Selain sebagai kewajiban ibadah, waktu berbuka puasa juga merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda bahwa ada tiga orang yang doanya tidak akan ditolak, salah satunya adalah orang yang sedang berpuasa hingga berbuka. 

Doa orang yang berpuasa akan diangkat ke langit, dan Allah akan membuka pintu langit untuknya, serta berfirman bahwa Dia akan menolongnya meskipun setelah beberapa waktu.

Selain itu, dalam hadits juga disebutkan bahwa orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan: kebahagiaan saat berbuka puasa dan kebahagiaan saat berjumpa dengan Rabbnya. 

Itulah penjelasan singkat mengenai dzikir, istighfar, dan doa yang lazim dilantunkan umat Islam di musala dan masjid menjelang buka puasa. Semoga amalan tersebut menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan keberkahan dalam ibadah. Wallahu A'lam.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut