get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Sebut Kabupaten Pandeglang Masuk 10 Daerah Rawan Pelanggaran Pemilu

Tidak Takut Migor Mahal, Ibu-ibu di Pandeglang Buat Migor Sendiri

Kamis, 30 Juni 2022 | 19:50 WIB
header img

PANDEGLANG, iNewsPandeglang –Kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng membuat kelompok ibu-ibu PKK di Kampung Kalahang, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, Ibu-ibu tersebut tidak takut akan mahalnya minyak goreng lantaran Ibu-ibu PKK mengajak warga membuat minyak kelapa atau klentik untuk dijadikan minyak goreng sendiri.

Selain hasil kelapa yang melimpah di Kabupaten Pandeglang sehingga proses pembuatan minyak kelapa sangat mudah.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (TPPKK) Kelurahan Cigadung, Neng Eha mengatakan, dengan harga minyak goreng yang masih mengalami kemahalan harga, sejumlah kaum Ibu-ibu dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) memproduksi minyak kelapa atau minyak goreng untuk digunakan sehari-hari dan sisanya akan dibagikan kepada orang yang membutuhkan disekitar kampung tersebut.

"Oh iya, karena minyak dipasaran melambung tinggi, karena ibu-ibu di masyarakat kami itu panik harga minyak goreng tinggi, terus saya berinovasi untuk kembali lagi ke jaman dulu nenek moyang kita dulu bikin minyak dari kelapa. Tidak ada salahnya lah kita membuat minyak goreng dari kelapa untuk memperingan ekonomi kita juga gitu," kata Neng Eha saat diwawancarai media, Kamis (30/6/2022).


Ibu-ibu PKK Membuat Minyak Goreng Mandiri, Lurah Cigadung dan Camat Karangtanjung, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Ikut serta dalam pembuatan minyak goreng. (Foto istimewa/Madani Prasetia)

Ia melanjutkan, untuk dijadikan minyak goreng itu, sejumlah Ibu-ibu PKK memanfaatkan dengan kelapa yang ada disekitar halaman rumahnya atau kampungnya tersebut. 

"Kelapanya ini kita pakai dari sekitar halaman rumah di kampung sini yang ada pohon kelapanya, kedepannya sih hasil produksi minyak ini mau dijual kalau ada pemesanannya," lanjutnya.

Sementara Camat Karangtanjung, Ratu Tanti Darmiasih mengaku, pihaknya sangat mendukung dengan kegiatan tersebut dalam memproduksi minyak goreng dari kelapa. Kegiatan tersebut salah satu bentuk pemberdayaan.

"Yang pastinya saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang dilaksanakan oleh Ibu-ibu PKK dan tentunya ini tidak terlepas support jiga dari pak lurahnya, yang memang selama ini sangat membantu saya, teruma dalam hal pemberdayaan kelompok Ibu-ibu PKK ini," ujarnya.

"Dimana kita ketahui saat ini kita masih banyak mencari minyak kelapa di pasaran dan juga antrian-antrian yang kita lihat, katakanlah sekarang mulai sudah relatif menurun. Yang pastinya dengan adanya kegiatan ini, ini juga mendukung peningkatan ekonomi keluarga," pungkasnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut