Sejarah dan Asal Usul Nama Kota Rangkasbitung, Berawal dari Rumpun Bambu yang Dianggap Keramat!

Iskandar Nasution
Alun-alun Kota Rangkasbitung, Lebak, Banten. Foto Istimewa

Usai kepergian ulama itu, tiba-tiba muncul angin dengan sangat kencang dan berputar semakin keras hingga memporak-porandakan wilayah ini. Warga masyarakat saat itu panik dan ketakutan, terjangan angin kencang akhirnya itu mematahkan Awi Bitung tersebut.

Tidak hanya itu, hembusan aing yang sangat kencang, membuat rumah milik warga roboh. Selain itu banyak juga warga yang  meninggal dunia tertimpa bangunan rumah.

Tak tega melihat situasi masyarakat banyak yang mati dan rumah mereka semuanya roboh. Ulama yang diusir tersebut pun  mulai membangun kembali perkampungan baru di wilayah tersebut. 

Dia kemudian mendirikan pesantren dan  mengajarkan agama agar prilaku musyrik seperti menyembah Awi Bitung tidak  terulang kembali. Untuk mengingat peristiwa ini maka kampung itu dinamakan Rangkasbitung. 

Demikian sejarah singkat nama Kota Rangkasbitung, setiap peristiwa yang terjadi itu merupakan sebuah pelajaran terhadap masyarakat agar kembali ke jalan Allah, dan jangan pernah menyembah selain kepada Allah SWT.

 

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network