Hukuman Ferdy Sambo Disunat Jadi Penjara Seumur Hidup, Begini Reaksi Kuasa Hukum Brigadir J

Puteranegara Batubara/Azhari Sultan
Terdakwa Ferdy Sambo saat menjalani sidang lanjutan dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigair J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2023). Foto/MPI/Faisal Rahman

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Reaksi kecewa disampaikan oleh Kuasa hukum keluarga Brigadir Novriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak menanggapi putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan kasasi Ferdy Sambo. Atas putusan yang dikorting ini, mantan Kadiv Propam Polri itu lolos dari hukuman mati menjadi hukuman penjara seumur hidup. 

Kamaruddin mengaku kecewa. Dia menyebut ada dugaan lobi-lobi dalam kasus tersebut sehingga Ferdy Sambo yang lolos dari hukuman mati. 

Menurut Kamaruddin, pihaknya sebelumnya sudah mengendus bahwa putusan akan mengarah seperti itu. Kata dia, ada lobi-lobi politik pasukan bawah tanah dan lainnya.

"Sangat kecewa juga kita, karena ternyata hakim setingkat MA masih dapat dilobi-lobi dalam tanda petik begitu," ungkapnya seperti dikutip dari iNews.id  Selasa (8/8/2023).

Menurut pengamatannya, putusan tersebut dinilai tidak mencerminkan keadilan. Apalagi pada kenyataanya, mengecewakan keluarga dan tidak menjadi representasi dari masyarakat.

Hal serupa diungkapkan oleh Pengacara Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat lainnya, Ramos Hutabarat mengatakan, keluarga sedih dan sangat kecewa atas putusan kasasi MA itu. Kini rasa keadilan korban menurutnya diwakili oleh jaksa.

"Keluarga sedih dan kecewa berat terhadap putusan hakim Mahkamah Agung hari ini," tuturnya Selasa (8/8/2023).

Sementara Kepala Biro MA, Sobandi S menyatakan bahwa  Mahkamah Agung (MA) memastikan lima hakim yang mengadili kasasi Ferdy Sambo atas perkara pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J) dipastikan bebas dari ntervensi. Putusan majelis hakim pada tingkat kasasi itu menjadikan Ferdy Sambo lolos hukuman mati, sebab diganti dengan penjara seumur hidup.

"Kalau hal itu (bebas dari intervensi) sudah pasti, hakim itu dijamin kemerdekaannya, kemandiriannya, jadi tidak mungkin ada intervensi mereka memutuskan itu," katanya.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network