get app
inews
Aa Read Next : Waspada! BMKG Ungkap 13 Segmen Megathrust Kepung Indonesia, Berikut Detailnya

Awal Musim Kemarau di Indonesia Diprediksi Mundur, Ini Penjelasan BMKG

Jum'at, 15 Maret 2024 | 22:18 WIB
header img
Lahan petani padi sawah tadah hujan di Desa Bojen, Kecamatan Sobang, Pandeglang kekeringan dampak dari musim kemarau panjang mengakibatkan ratusan hektare padi terancam gagal panen. Foto dok. iNews/Iskandar Nasution

Sedangkan 15% wilayah lainnya diprediksi akan mengalami awal musim kemarau yang lebih maju. Adapun wilayah-wilayah yang diprediksi mengalami mundur awal musim kemarau antara lain sebagian Sumatera Utara, sebagian Riau, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, DIY, Jatim, sebagian besar Kalimantan, sebagian Bali, NTB, sebagian NTT, sebagian Sultra, sebagian Sulbar, sebagian besar Sulawesi Tengah, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, dan sebagian Maluku.

Dwikorita menjelaskan bahwa wilayah-wilayah yang diprediksi awal musim kemaraunya mundur dibandingkan rerata klimatologinya. Secara keseluruhan, musim kemarau tahun 2024 diprediksi akan bersifat normal dan di atas normal jika dibandingkan dengan rerata klimatologi selama 30 tahun terakhir. 

"Artinya, sebagian besar wilayah akan mengalami kondisi musim kemarau yang normal atau bahkan lebih kering dari biasanya. Terdapat variasi dalam prediksi tersebut, di mana sekitar 51,36% wilayah diprediksi normal, sekitar 39,91% di atas normal, dan sekitar 8,73% di bawah normal," kata dia.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut