get app
inews
Aa Read Next : Pajak Mobil Terlambat dan Dokumen Penting: Apa Arti Penemuan Mobil Harun Masiku?

Diduga Langgar Etik, 93 Pegawai Rutan KPK Terlibat Pungli Bakal Segera Disidang

Jum'at, 12 Januari 2024 | 12:41 WIB
header img
(Foto: Ilustrasi/Ist)

Haris menyebut, besaran nominal penerimaan uang oleh pegawai KPK diduga ditentukan berdasarkan tinggi jabatannya, dengan pegawai berjabatan lebih tinggi mendapatkan pungutan yang lebih besar, menggambarkan tingkat pelanggaran etik yang mencemaskan. 

"Sesuai dengan jabatannya," ujar Haris.

Dewan Pengawas tidak terlalu fokus pada nominal pungli lanjut Haris, melainkan pada pertimbangan pantas atau tidaknya tindakan tersebut, menunjukkan pendekatan yang lebih luas terhadap penilaian etika. Hal ini menggarisbawahi pentingnya mengukur tindakan berdasarkan norma dan etika yang berlaku. 

"Kalau angkanya nanti tentu di penyelidikan ya, kalau di kita kan penegakan etiknya, itu kita mengadili pantas tidaknya melakukan itu," ucapnya.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, menegaskan komitmen Dewan Pengawas untuk menjaga integritas lembaga antirasuah. Sidang etik diharapkan dapat memberikan keputusan yang adil dan menjadi dasar untuk langkah-langkah lebih lanjut, termasuk usaha KPK dalam menangani dugaan tindak pidana korupsi terkait kasus tersebut. 

"Atas putusan tersebut nantinya juga bisa menjadi pengayaan bagi Tim di Penindakan dalam proses penanganan dugaan tindak pidana korupsinya," ucapnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut