get app
inews
Aa Read Next : Tegas! Malaysia Larang Pemutaran Film yang Promosikan LGBT dan Islamofobia

Mengejutkan! Selain di Lebak Ternyata Warga Pandeglang Juga Ada yang Terjangkit HIV/AIDS, Kok Bisa?

Jum'at, 10 November 2023 | 09:02 WIB
header img
Ilusstrasi HIV/AIDS. Foto okezone.com

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Seperti diketahui, Kabupaten Pandeglang merupakan sebuah wilayah di Banten yang populer dijuluki kota sejuta santri dan seribu ulama lantaran banyaknya pondok pesantren dan para ulama terkenal di wilayah ini. Namun mirisnya di balik itu ternyata kasus HIV-AIDS di Kabupaten Pandeglang saat ini seperti salah satunya di Kecamatan Patia ada beberapa orang yang diduga terjangkit HIV/AIDS bahkan ada yang sudah meninggal dunia.

Kepala Puskesmas Patia Nuraeni mengatakan bahwa kasus penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Pandeglang khususnya di Kecamatan Patia pihaknya mencatat ada tiga warga yang dinyatakan positif HIV-AIDS.

"Ada tiga ya di sini yang sudah tertangani. Namun di sini hanya pemeriksaan rapid tes saja untuk pengobatannya ya di RS yang ternyaman saja seperti di RSU Berkah. Dua pasien sudah meninggal yang satu masih pengobatan di RSU Berkah Pandeglang," ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/11/2023).

Nuraeni menyebut, dari ketiga pasien itu dua di antaranya sejenis dan satu lagi diduga Pekerja Seks Komersial (PSK).

Sementara itu, dari Informasi dihimpun pada  2023  penyebaran kasus HIV/AIDS dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang mencatat sebanyak 186 kasus dari berbagai kecamatan dengan angka tertinggi dijumpai di Kecamatan Cimanggu, Sobang, dan Panimbang. Faktor pemicu diduga kuat faktor LGBT dan PSK.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut