get app
inews
Aa Read Next : Ini Keseruan Event Babacakan Munggahan Sambil Liburan Nikmati Keindahan Pantai Kelapa Warna

Berlangsung Meriah, Tradisi 'Munggahan' Sambut Ramadan Muspika Kecamatan Menes Bersama Warga

Senin, 20 Maret 2023 | 13:59 WIB
header img
Tradisi 'Munggahan' Sambut Ramadan Muspika Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten Bersama Warga dan Pelajar. Foto Ujang Suryana

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Bagi pihak Muspika Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten tetap mempertahankan tradisi 'Munggahan' menyambut bulan puasa Ramadan 2023. Acara bersama warga dan pelajar itu dengan makan-makan bareng yang dikenal dengan sebutan 'babacakan', Senin (20/3/2023).

Pantauan iNewsPandeglang di lokasi, acara gebyar munggahan 1444 H Muspika Kecamatan Menes berlangsung meriah. Di mana kegiatan babacakan ngampar daun masyarakat menes itu digagas oleh Camat Menes Abdul Haris hingga melibatkan lembaga pendidikan sekolah dasar, Dinas Perhubungan, para kepala desa dan kepolisian setempat.

Munggahan ala masyarakat Banten sendiri biasanya diisi dengan kumpul bersama keluarga, makan bersama atau disebut 'babacakan'. Munggahan sendiri berasal dari kata "Munggah" yang berarti naik atau meningkat.


Camat Menes Kabupaten Pandeglang Abdul Haris. Foto Ujang Suryana

 

Camat Menes Abdul Haris mengatakan bahwa tradisi menyambut bulan Ramadan diawali dengan gebyar munggahan bersama  dalam acra gebyar Ramadan manis-manis.

"Alhamdulillah ramadan kita awali dengan  gebyar munggahan ngampar daun kumpul  bareng masyarakat dari unsur desa, masyarakat pelajar dan lainnya yang nantinya  selama 17 hari ke depan banyak kegiatan yang akan kita selenggarakan," ucapnya saat di lokasi.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut