get app
inews
Aa Read Next : Ancam Keselamatan, Begini Keluh Kesah Pengendara saat Melintas di Jalan Malingping Bayah yang Rusak

Ceceran Batu Bara Ancam Keselamatan Pengguna Jalan, Aktivis Desak APH Tindak Pengusaha Pengepul

Minggu, 19 Februari 2023 | 17:42 WIB
header img
Ceceran Batu Bara di Jalan Nasional Panyaungan Bayah membahayakan keselamatan pengguna jalan. Foto istimewa

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Ceceran batu bara di jalan Nasional tepatnya di Jalan Raya Nasional Penyaungan-Bayah Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Banten membahayakan keselamatan pengguna jalan menjadi perhatian serius Aktivis Lingkungan Ahmad Rohani.

Pasalnya, selain lumpur batu dan debu batu bara bertebaran di badan jalan bagi pengendara kendaraan roda dua mau roda empat yang melintasi jalan tersebut harus ekstra hati-hati dan waspada agar tidak terjadi hal hal tidak diinginkan. Apalagi posisinya merupakan akses utama jalan nasional yang sering dilalui warga dan penguna jalan dari berbagai daerah.

Keberadaan maraknya ceceran kotoran batu bara di Jalan Nasional Panyaungan menurut Rohani, itu perbuatan-perbuatan yang dilakukan oleh para pengusaha pengepul batu bara ilegal dan berceceran kotoran ke jalan nasional sering sekali terjadi dan bukan kali ini saja.

"Tentu saja hal ini merupakan ketololan para pengusaha ilegal, hal ini bisa mencelakai para pengendara lainnya. Kalau  ada yang celaka di situ ada tidak yang mau bertanggung jawab?," ucap Rohani gusar.

Rohani melanjutkan, bahwa sudah seharusnya pihak terkait segera melakukan tindakan tegas terhadap para pengusaha dan pengepul batu bara yang bandel.

"Saya mendesak kepada pihak-pihak terkait dalam hal ini APH, Satpol PP maupun Dishub  agar segera melakukan tindakan tegas kepada  pengusaha batu bara yang mengotori jalan Nasional Panyaungan itu," kata Rohani tegas.

“Sayang sekali, tetesan keringat rakyat yang membangun jalan melalui pajak justeru dibuat kotor, licin dan bisa juga rusak, apalagi ancam keselamatan nyawa warga yang membiayai pembangunan jalan,” katanya lagi.

Sebagai putra daerah yang sangat konsen dengan lingkungan, ia juga membeberkan informasi bahwa ternyata banyak warga sekitar yang mengeluhkan pengepulan batu bara di pinggir Jalan Nasional Desa Panyaungan tidak peduli jalan umum dan keselamatan para pengguna jalan. Banyak  sisa kotoran dari ban yang muat batu bara berserakan tanpa ada pembersihan dari para pengusaha.

Dalam pengamatannya, memang jika musim panas  debu bertebaran dan menggangu penglihatan penguna jalan, lebih parah lagi saat musim hujan, jalan kotor, licin rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut