get app
inews
Aa Read Next : Pelajar di Lebak Antusias Foto Bersama Jokowi saat Peresmian Bendungan Karian

Bupati Iti Ngamuk Tegur Wartawan Terkait Sengketa Bendungan Karian, Sekda Lebak Angkat Bicara

Sabtu, 18 Februari 2023 | 10:08 WIB
header img
Sekretaris Daerah Lebak Budi Santoso. Foto dok. pribadi

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Belakangan ini di Kabupaten Lebak dihebohkan adanya video Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya ngamuk menegur sejumlah wartawan saat wawancara dengan pihak BBWSC3 terkait sengketa lahan Bendungan Karian. Atas peristiwa itu banyak pihak menduga bahwa bupati menghalangi kinerja jurnalistik dan diam saja atas persoalan sengketa lahan warga yang terdampak pembangunan Bendungan Karian.

Pemkab Lebak melalui  Sekretaris Daerah Lebak Budi Santoso akhirnya angkat bicara menjelaskan bahwa pihak BBWSC3 yang diwakili  Kepala Bidang PJSA  David Partonggo Marpaung dan PPK Pengadaan Tanah  Revita Kartikasari menyampaikan maksud dan tujuan audiensi yaitu ingin melaporkan progres pembangunan Fisik dan pengadaan lahan bendungan karian serta agenda peresmian Fasos dan Fasum yang  sudah  direlokasi  serta agenda peresmian bendungan itu sendiri. 

Lebih lanjut dituturkan  Budi, awalnya pasca audiensi pihak BBWSC3, diwawancara oleh pihak media yang  sudah menunggu di luar. Di sela penyampaian itu ada salah  salah satu wartawan mengkonfirmasi terkait sengketa lahan yang ada di Desa Sindang Mulya Kecamatan Maja yang diduga belum dibayarkan. Dari keterangan  pihak balai menyampaikan bahwa untuk pengadaan tanah di Sindang Sari sudah  beres semua dan sudah dibayarkan.

Namun dari salah seorang jurnalis  menyanggah dan terjadilah perdebatan dengan nada yang agak tinggi bahwa masih ada tanah yang  belum dibayar sembari buka tas dan akan menunjukkan sertifikat tanah. Kerena perdebatan ini sudah di luar kontek wawancara pihaknya  ingin menengahi dan meminta kepada wartawan untuk  menghentikan.

Pada prinsipnya kalau ada warga atau siapapun  terkait persoalan lahan yang terkena dampak PSN baik itu yang  terkena Jalan Tol dan Bendungan Karian sambung Budi,  dari pemda tentunya siap memfasilitasi. Namun tentu dalam forum yang khusus dan menghadirkan semua pihak terkait dan berkompeten, sehingga jelas duduk persoalannya dan alternatif solusinya. Bukan di momen wawancara seperti itu.

"Jadi kami tidak ada niat untuk menghalangi jurnalis melaksanakan tugasnya. Tapi hanya ingin menempatkan sesuatu sesuai porsi dan tempatnya," katanya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut