get app
inews
Aa Read Next : Langgar Jam Operasinal, Dishub Kota Cilegon Tahan Puluhan Truk Pasir

Tingkatkan Kapasitas dan Sinergitas dengan Media, Diskominfo Cilegon Gelar Pelatihan Jurnalistik

Senin, 04 Desember 2023 | 22:34 WIB
header img
Guna meningkatkan kapasitas jurnalis, Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Kota Cilegon menggelar pelatihan jurnalistik dengan puluhan wartawan dari berbagai media di Kota Cilegon. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Guna  meningkatkan kapasitas para jurnalis, Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Kota Cilegon menggelar pelatihan bagi puluhan jurnalis  dari berbagai media di Kota Cilegon. Acara berlangsung di The Acacia Hotel Anyer, pada 4-5 Desember 2023.

Tidak kurang dari  70 wartawan dari berbagai media di Kota Cilegon, Banten hadir mengikuti kegiatan bertema Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Jurnalis "Sinergi Pemerintah dan Media Dalam Membangun Daerah" ini.


Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Kota Cilegon menggelar pelatihan jurnalistik dengan puluhan wartawan dari berbagai media di Kota Cilegon. Foto iNews/Iskandar Nasution

Kepala Diskominfo Kota Cilegon Agus Zulkarnain mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah peningkatan kapasitas SDM Jurnalistik. "Demi meningkatkam kapasitas jurnalis untuk menyampaikan informasi ke masyarakat,” katanya.

Agus berujar, bukan hanya meningkatlan kapasitas saja, tentu sinergi dengan media dalam mewujudkan pembangunan daerah juga penting. Media dan berbagai rakyat, pemerintah itu hubungan yang sangat erat dan saling bergantung. Mengingat peran serta media sangat dibutuhkan dalam rangka berkaitan dengan pembangunan daerah tersebut.

"Jika pemerintahan sudah merasakan betapa pentingnya peran media di dalam menampilkan identitas, berisi dan posisi penduduknya kota itu. Ada half-hal yang harus disepakati bahwa kita ini ada hubungan tetapi sama-sama berada di jalur masing-masing."

Meski media berbeda-beda karakter, namun  menurutnya, pemerintah dan media bertujuan sama, yakni menyampaikan informasi kepada masyarakat. "Memang tanpa bantuan media, ya gitu-gitu saja tidak akan bisa kecuali bersinergi," tuturnya.

Pertemuan yang berlangsung selama dua hari tersebut lanjut Agus, juga diharapkan sinergi dengan media dalam pembangunan daerah terwujud. 

"Pemerintah jangan memerintahkan kepada wartawan  karena bukan bawahan, namun tentunya saling bersinergi dalam pembangunan daerah. Komunikasi pun jangan sampai terkendala atau bisa dikatakan tersumbat"

Selain itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para jurnalis dalam menjalankan tugasnya dan sinergi di antara jurnalis dsn Pemerintah Daerah Cilegon, pelatihan ini juga diharapkan dapat semakin mempererat tali silaturahmi yang selama ini terjalin di antara jurnalis media lokal maupun nasional.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut