get app
inews
Aa Read Next : Penting Diketahui! 8 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Rajab 1444 H Tiba, Ini Dahsyatnya Pahala hingga Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Senin, 23 Januari 2023 | 12:07 WIB
header img
Rajab 1444 H Tiba, Ini Dahsyatnya Pahala hingga Manfaat Puasa untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay).

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Hari ini,  Rabu (23/01/2023) bertepatan dengan tanggal 1 Rajab 1414 Hijriah dalam Tarekh kalender Islam. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan istimewa bagi Umat Islam, karena di bulan ini Allah akan memberikan ampunan dosa-dosa hamba yang bertaubat kepada-Nya. Allah SWT menyebutkan keutamaan bulan Rajab telah dijelaskan dalam Al Quran.  

Bulan Rajab disebut sebagai bulan dimulainya untuk persiapan jasmani, rohani, dan ekonomi menjelang ibadah di bulan Ramadan. Bulan Rajab juga perlu diisi dengan sejumlah amalan sunnah. Untuk memaksimalkan ibadah puasa sunnah di bulan Rajab, kita simak dulu manfaat puasa yang bisa didapatkan bagi kesehatan tubuh yang ternyata luar biasa dahsyat dan tak terduga serta pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT. 

Berikut ini deretan manfaat berpuasa untuk kesehatan 

Menyehatkan jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan yang sangat ditakuti kebanyakan orang. Ketika berpuasa tubuh akan meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik dan menurunkan low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Peremajaan fungsi dan kinerja sel

Saat puasa terjadi perubahan dan konversi yang masif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan, sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang. Sehingga, merestorasi dan menumbuhkan fungsi dan kinerja baru dari sel. Jumlah sel yang mati dalam tubuh sekitar 125 juta per detik, tetapi tumbuh lagi lebih banyak dari jumlah tadi.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut