get app
inews
Aa Read Next : Penting Diketahui! 8 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Rajab 1444 H Tiba, Ini Dahsyatnya Pahala hingga Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Senin, 23 Januari 2023 | 12:07 WIB
header img
Rajab 1444 H Tiba, Ini Dahsyatnya Pahala hingga Manfaat Puasa untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay).

Meningkatkan kekebalan tubuh

Puasa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika berpuasa tingkat limfosit dalam tubuh meningkat hingga 10 kali lipat. Hal ini membuat kekebalan tubuh meningkat, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat puasa berikutnya adalah dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Ketika berpuasa, tubuh akan memakan cadangan lemak untuk mendapat energi. Nah, lemak tersebut akan membakar racun dalam tubuh secara bersamaan. Dengan begitu, tubuh akan lebih bersih dan sehat karena kadar racun yang telah berkurang.

Menjaga berat badan

Ketika berpuasa usus akan bersih dari sisa endapan makanan yang menyebabkan lemak pada perut. Puasa juga memperlancar sistem pencernaan sehingga buang air menjadi lancar.

Menyehatkan ginjal

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring racun dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1.000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Puasa bermanfaat untuk mencapai fungsi maksimal ginjal. Sehingga ginjal menjadi sehat.

Memperbaiki fungsi otak

Hal ini terjadi karena puasa meningkatkan produksi protein yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF ini akan mengaktifkan sel induk otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu produksi senyawa kimia lain yang bisa meningkatkan kesehatan saraf.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut