get app
inews
Aa Read Next : Rajab 1444 H Tiba, Ini Dahsyatnya Pahala hingga Manfaat Puasa untuk Kesehatan

9 Amalan di Bulan Rajab 2024 bagi Muslim yang Penuh Kesitimewaan

Jum'at, 12 Januari 2024 | 20:53 WIB
header img
Foto Ilustrasi/Istimewa

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Bulan Rajab adalah waktu yang dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Dalam Bulan Rajab, yang dianggap sebagai salah satu bulan suci dalam Islam, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk memperoleh keistimewaan dan keberkahan. 

Bulan Rajab 1445 H jatuh pada hari Sabtu, 13 Januari 2024, maka bisa dijadikan sebagai referensi untuk memperbanyak amalan-amalan yang dianjurkan selama bulan tersebut. Amalan-amalan tersebut dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meraih keberkahan dalam kehidupan sehari-hari. 

Berikut adalah sembilan amalan yang dapat dilakukan oleh umat Muslim selama Bulan Rajab dikutip dari berbagai sumber di antaranya : 

1. Puasa Sunnah Rajab
Melaksanakan puasa sunnah pada bulan Rajab adalah amalan yang dianjurkan dalam Islam. Beberapa hari yang sering dianggap baik untuk berpuasa sunnah di bulan Rajab 

Perlu diingat bahwa puasa sunnah pada bulan Rajab bukanlah kewajiban, tetapi lebih bersifat disunnahkan. Jika seseorang memilih untuk berpuasa, itu sebaiknya dilakukan dengan niat tulus untuk mendekatkan diri kepada Allah. Melaksanakan puasa sunnah pada hari-hari tertentu dalam bulan Rajab, seperti puasa pada awal bulan atau puasa tengah bulan.

2. Doa dan Dzikir 
Meningkatkan kegiatan berdoa, beristighfar, dan berdzikir merupakan amalan yang dianjurkan, terutama selama bulan Rajab atau kapan pun dalam kehidupan seorang Muslim.

Meningkatkan kegiatan ini dapat membantu memperdalam hubungan spiritual dengan Allah dan memberikan ketenangan hati serta kedamaian dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Meningkatkan kegiatan berdoa, beristighfar, dan berdzikir untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut