get app
inews
Aa Read Next : Dede Rohana, Dewan Viral Banten Tak Gentar Hadapi Laporan Betsaida Hospital Mandiri Demi Bela Rakyat

Unik! Hampir Satu Desa di Pandeglang Ini Warganya Bekerja sebagai TKI

Jum'at, 16 Desember 2022 | 11:24 WIB
header img
Unik! Hampir Satu Desa di Pandeglang Ini Bekerja Sebagai TKI. Foto Aparat Pemerintah di Kecamatan Sobang Pandeglang sedang mendampingi TKW yang mendapat penyiksaan majikan. (Foto iNews/Iskandar Nasution)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Hampir satu desa di Pandeglang, Banten yang warga masyarakatnya bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia, kondisi ini bisa dikatakan unik, bukan?

Bagaimana tidak, himpitan ekonomi dan minimnya peluang kerja di kampung halaman membuat warga desa lebih memilih bekerja di luar negeri, namun tak jarang para TKI mendapatkan perlakuan kasar hingga penyiksaan yang membuat korban mengalami kecacatan permanen.

Seperti di Desa Bojen, Kecamatan Sobang, Pandeglang, Banten dikenal sebagai desa lumbung padinya Pandeglang, Banten. Hamparan tanah di desa belum tergarap karena para pemudanya lebih memilih untuk bekerja ke luar negeri menjadi TKI.

Lebih dari 50 persen warga desanya mencari pekerjaan di negeri Taiwan, Singapura hingga ke Arab Saudi. Umumnya warga asal  desa ini bekerja sebagai asisten rumah tangga dan buruh kasar. Mereka memilih bekerja ke luar negeri karena ingin mendapatkan penghasilan lebih meski penuh resiko. Sebab, kebanyakan penyalur tenaga kerja di sini tidak terdaftar di Dinas Tenaga Kerja  Kabupaten Pandeglang.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut