get app
inews
Aa Read Next : H-3 Lebaran, Pelindo Regional 2 Banten Terima Kunjungan Menko PMK dan Menhub, Ini yang Dibahas

Tingkatkan Pelayanan Prima, Jelang Nataru 2023 Pelindo Regional 2 Banten Evaluasi Kinerja

Kamis, 15 Desember 2022 | 16:11 WIB
header img
Tingkatkan Pelayanan Prima, Jelang Nataru 2023 Pelindo Regional 2 Banten Evaluasi Kinerja. Foto Pelabuhan Merak (Istimewa)

Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022,  Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi didasarkan atas penilaian dalam kurun waktu satu tahun yang dilakukan Kementerian Perhubungan. Pada tanggal 19 Oktober 2022, Pelindo Regional 2 Banten mendapatkan penghargaan prima dengan kategori Terminal Curah Kering & Pelayanan Kapal sedangkan Tim Penilai melibatkan independen dari YLKI, pengamat transportasi, perwakilan akademisi dan media massa, Ombudsman, staf Kepresidenan, serta perwakilan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. 

Penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Jakarta. penghargaan ini merupakan bukti nyata Pelindo Regional 2 Banten terus bergerak mewujudkan visi korporasi sebagai pengelola pelabuhan kelas dunia, yang unggul dalam opersional dan pelayanan. Setelah beberapa bulan berjalan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) merilis sejumlah pelabuhan yang ada di seluruh Indonesia yang mendapatkan kategori rapor hijau, kuning dan merah. Penilaian dalam tiga rapor ini berdasarkan pada lima output aksi pelabuhan 2021-2022: tumpang tindih regulasi, tata kelola TKBM, implementasi NLE, penerapan sistem layanan, dan perbaikan birokrasi penyedia layanan kepelabuhanan. Tercatat ada 14 Pelabuhan utama yang menjadi pantauan Stranas PK dalam aksi pelabuhan. antara lain : Pelindo Regional 2 Banten, Pelabuhan Tanjung Mas - Semarang, Pelabuhan Balikpapan, dan Pelabuhan Samarinda berhasil mendapatkan rapor hijau.

General Manager Pelindo Regional 2 Banten juga mengucapkan rasa syukur atas penghargaan ini, karena kerja keras serta koordinasi dengan pihak stakeholder mulai dari karantina, Imigrasi, dan pihak terkait lainnya.

Stranas menilai perbaikan dan pembenahan dapat dilakukan dengan melakukan kerja sama serta aksi kolaboratif multi pihak. Diharapkan aksi ini akan berkontribusi pada turunnya biaya dan waktu layanan sehingga memudahkan dunia usaha dalam berinvestasi. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut