get app
inews
Aa Read Next : Tegas! Malaysia Larang Pemutaran Film yang Promosikan LGBT dan Islamofobia

Indonesia Masuk Urutan ke-3 dari 7 Negara dengan Jumlah Wibu Terbanyak di Dunia

Selasa, 01 November 2022 | 12:26 WIB
header img
7 Negara dengan jumlah Wibu terbanyak di dunia. Foto : (young man at tokyo street/freepik)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Dilansir dari berbagai sumber, Indonesia masuk dalam negara dengan jumlah wibu terbanyak di dunia. Wibu sendiri merupakan julukan bagi seseorang yang fanatik terhadap budaya jepang, misalnya terobsesi dengan anime, manga atau komik, hingga video game bergaya anime.

Istilah wibu sendiri mulai populer di Indonesia sejak 2012, ketika anime berjudul Sword Art Online menjadi hype pada masa itu. Sampai saat ini istilah wibu masih populer di masyarakat , bahkan terus berkembang dengan munculnya tipe-tipe wibu yang ada di media sosial.

Berikut 7 negara dengan jumlah wibu terbanyak di dunia.

 

1. Filipina

Negara dengan jumlah wibu terbanyak di dunia yang pertama adalah Filipina, merupakan salah satu negara tetangga Indonesia. Negara yang terdiri dari kepulauan ini ternyata memiliki jumlah pecinta anime terbanyak di dunia setelah Jepang, lebih tepatnya di Kota Manila dan Qoezon City.
 
 

2. El Salvador

Negara kecil yang berada di benua amerika ini, juga memiliki jumlah wibu terbanyak di dunia. Meskipun wilayahnya terbilang kecil, namun hampir sebagian masyarakat di negara ini adalah wibu. Terbukti dengan tingginya traffic video anime yang ada di negara ini, dibandingkan dengan negara lainnya. 

 

3. Indonesia

Indonesia berada di urutan ketiga sebagai negara dengan jumlah wibu terbanyak di dunia. Tentunya kita sudah tak asing dengan tontonan berbau anime di tayangan televisi Indonesia, bahkan jauh sebelum istilah wibu populer seperti sekarang, tayangan anime sudah lebih dulu mewarnai televisi Indonesia.

 

4. Nikaragua

Nikaragua memiliki 6.702 juta populasi, meski jumlah tersebut terbilang sedikit di banding negara di benua Amerika lainnya, tapi Republik Nikaragua memiliki jumlah wibu terbanyak di dunia. Dari Analitik Google Search, penduduk negara ini sering mencari hal-hal yang berkaitan dengan anime.

 

5. Peru

Negara yang memiliki salah satu situs arkeologi paling terkenal di dunia ini ternyata penduduknya banyak yang menggemari anime. Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang mengakses situs streaming anime bernama Crunncyroll. 

 

6. Malaysia

Negara yang dijuluki Negeri Jiran ini juga memiliki jumlah wibu terbanyak di dunia. Naruto dan pokemon adalah anime yang paling favorit di Malaysia. Bahkan di ibu kota negara ini yaitu Kuala Lumpur, banyak toko-toko yang menjual aneka macam aksesoris anime.

 

7. Kosta Rika

Negara yang berada di Amerika Tengah ini sepertinya terkena pengaruh anime dari Nikaragua dan El Savador, sebab kedua negara tersebut dekat dengan Kosta Rika.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut