get app
inews
Aa Read Next : Kaya Serat, 9 Buah-buahan Ini Cocok Pengganti Kurma untuk Buka Puasa

Buah-buahan yang Baik untuk Penderita Diabetes, Selain Enak Juga Kaya akan Manfaat

Jum'at, 30 September 2022 | 19:40 WIB
header img
Buah Kiwi (Foto: Ilustrasi)

PANGKAL PINANG, iNewsPandeglang.id – Punya Riwayat penyakit diabetes? Ternyata terdapat Buah-buahan yang baik untuk penderita diabetes, Buah-buahan ini umumnya mengandung berbagai nutrisi yang memiliki andil untuk menurunkan kadar gula darah. Kandungan serat dalam buah tersebut terbukti efektif memperlambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh, sehingga gula darah tidak akan cepat naik secara mendadak. 

Buah juga menjadi sumber antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit komplikasi diabetes. Ingin tahu apa saja buah yang bagus untuk diabetes? 
 

Berikut daftar buah untuk diabetes: 

1. Plum 

 Salah satu buah yang bagus untuk diet rupanya bagus pula untuk para penderita diabetes. Buah tersebut memiliki kandungan zat fito yang dikenal sebagai asam neo klorogenik dan klorogenik yang berfungsi sebagai antioksidan.  Plum juga mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat membantu melindungi tubuh dari asma, barah kolon, osteoarthritis dan arthritis rheumatoid. 

Selain mengandung vitamin C, buah plum juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin K, asam pantotenik, sorbitol, isatin, kalium, florida dan zat besi.  Buah plum juga memiliki manfaat lain contohnya seperti memperlancar peredaran darah, meningkatkan penglihatan, mencegah kanker dan tumor dan masih banyak lagi.

 

2. Apel 

Termasuk buah yang bagus untuk penderita diabetes karena nutrisi yang ada dalam buah apel dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.  Buah apel mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi dan serat yang tinggi. Buah apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat mencegah peningkatan kadar gula secara drastis. 

Kandungan serat yang ada dalam buah apel juga bermanfaat membuat perut menjadi kenyang lebih lama dan bisa memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah.  Selain bisa mencegah peningkatan kadar gula, buah apel juga memiliki banyak manfaat contohnya seperti melindungi tulang, mengobati asma, menurunkan kadar kolesterol dan masih banyak lagi. 

3. Pir 

Buah yang kaya akan gizi ini ternyata bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pir mengandung asam klorogenik dan asam hidroksi sinnamik yang berperan sebagai antioksidan dan mencegah pertumbuhan bakteri shigella sonne penyebab gangguan sistem pencernaan. 

 Pir juga mengandung vitamin C dan provitamin A sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan atau mencegah timbulnya berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lain.  Buah ini juga berkhasiat sebagai antikanker, antibakteri dan dapat menahan reaksi alergi terhadap suatu makanan lain. 

4. Jambu Biji 

Jambu biji mengandung banyak serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jambu biji ini rupanya terhitung dua kali lebih banyak daripada kandungan vitamin C pada jeruk manis. 

Satu buah jambu biji yang berukuran sedang ternyata mengandung empat kali lebih banyak vitamin C dan betakaroten dibandingkan dengan satu buah jeruk.  Selain itu, jambu biji ini memiliki kandungan kalsium, kalium, zat besi, dan vitamin B yang berguna bagi tubuh. 

5. Kiwi 

Menjadi salah satu buah yang bagus untuk penderita diabetes karena buah ini mengandung vitamin C, serat, kalium dan antioksidan.  Kiwi termasuk dalam 27 buah yang memiliki kepadatan nutrisi. Semakin tinggi kepadatan nutrisi dari suatu bahan makanan, semakin baik pula mutu bahan makanan tersebut. 

6. Aprikot 

Dalam buah aprikot terdapat kandungan fiber dan karotenoid yang tinggi. Kandungan tersebut membuat buah aprikot dapat digunakan sebagai antioksidan pencegah penyakit diabetes, sebagai pereda diare atau konstipasi, membantu detoksifikasi dan regenerasi cairan dalam tubuh. 

Mengonsumsi buah aprikot rupanya bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar gula darah agar tetap normal.  Dalam 100 gram buah aprikot mentah, terkandung energi sebesar 201 kJ (48 kilo kalori), karbohidrat 11 gram, gula 9 gram, diet serat 2 gram, lemak 0,4 gram, protein 1,4 gram, vitamin A setara 96mg, betakaroten 1.094 mg, vitamin C 10 mg dan zat besi 0,4mg. 

 7. Pepaya 

 Buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ini terkenal mampu melancarkan pencernaan. Namun, siapa sangka ternyata buah ini juga bagus untuk penderita diabetes.  Pepaya memiliki kandungan yang rendah gula sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Selain memiliki kandungan serat, buah pepaya juga mengandung antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks flavonoid, asam folat, pantotenat, mineral, kalsium, dan magnesium.  Nah, itu beberapa daftar buah yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Untuk mencegah terjadinya diabetes salah satunya adalah menjalani pola makan yang sehat. Disarankan untuk para penderita diabetes agar membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki tinggi gula, kalori dan lemak. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut