Logo Network
Network

Buah-buahan yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi, Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan

Hanna Ratih
.
Senin, 26 September 2022 | 14:02 WIB
Buah-buahan yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi, Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan
Foto: Ilustrasi

TANGERANG, iNewsPandeglang.id - Tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang perlu diwaspadai karena dapat memicu berbagai macam penyakit serius.  Terdapat buah yang dapat menurunkan darah tinggi.

Untuk mencegah darah tinggi, salah satunya dengan memerhatikan pola makan sehari-hari. Selain itu konsumsi  secara rutin buah-buahan yang dianggap mampu meredakan tekanan darah tinggi. 

Berikut daftar buah-buahan yang dapat dikonsumsi untuk penurun darah tinggi :

1. Jeruk

Buah penurun darah tinggi ini selain berguna baik untuk daya tahan tubuh karena kaya akan kandungan tinggi vitamin C, ternyata jeruk juga dapat membantu tubuh untuk meredakan tekanan darah tinggi karena selain kaya vitamin C jeruk juga memiliki banyak kandungan seperti  folat, antioksidan, kalium, vitamin A dan thiamin, yang memiliki peran besar dalam kesehatan pembuluh darah.

2. Buah Beri

Dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi terutama pada buah stroberi dan blueberry yang memiliki kandungan antioksidan flavonoid dalam jumlah yang tinggi. Jenis antioksidan dinilai mampu untuk mengurangi risiko terkena darah tinggi. 
 

3. Pisang

Merupakan buah penurun darah tinggi yang dapat dikonsumsi. Pisang mengandung kalium yang dapat membantu menyeimbangkan kadar garam di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah pisang dapat mengontrol tekanan darah.  Untuk mengonsumsinya bisa secara utuh maupun dengan cara bervariasi, seperti memanggang atau mencampurnya ke dalam sereal sesuai selera masing-masing. BACA JUGA: Waspada 9 Gejala Darah Tinggi, Sering Mimisan hingga Detak Jantung Tak Beraturan

4. Semangka

Kandungan vitamin A, vitamin C, kalium dan magnesium dalam buah semangka memiliki banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Selain kandungan vitamin, buah ini juga memiliki kandungan L-citrulline yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

5.  Anggur

 Sebagai buah penurun darah tinggi memiliki kandungan polifenol yang dapat mengontrol tekanan darah. Polifenol merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk membantu melawan radikal bebas yang berada di dalam tubuh. Buah anggur juga memiliki kandungan tinggi serat dan rendah kalori yang dapat mencegah adanya sindrom metabolik khususnya hipertensi.

4. Kiwi

Memiliki kandungan  vitamin C, vitamin E, folat dan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Dari hasil penelitian ditemukan adanya penderita hipertensi rutin mengonsumsi tiga buah kiwi dalam sehari. Buah kiwi juga dapat membantu penderita mengalami penurunan tekanan darah dengan lebih cepat.
 

5. Delima

Hasil penelitian menunjukkan, mengonsumsi jus buah delima dengan  jumlah lebih dari satu cangkir dalam sehari selama empat minggu, dapat membantu menurunkan tekanan diastolik (batas bawah) dan darah sistolik (batas atas).  Meski, belum diketahui pasti kandungan apa yang ada dalam buah delima sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dugaaan dari para peneliti menduga jika terdapat kandungan kalium dan polifenol dalam buah delima yang menjadikan buah ini sebagai buah penurun darah tinggi.

6. Buah bit

Dianggap sebagai makanan yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena ditemukan adanya penurunan tekanan darah sistolik dalam kurun waktu enam jam mengonsumsi buah bit.  Hal itu disebabkan karena kandungan nitrat dalam buah bit memiliki peran dalam penurunan tekanan darah.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News

Bagikan Artikel Ini