Logo Network
Network

Kisah Sukses Najla Farid, Pendiri Bittersweet By Najla

Iqbal Dwi Purnama
.
Selasa, 13 September 2022 | 16:22 WIB
Kisah Sukses Najla Farid, Pendiri Bittersweet By Najla
Kisah sukses Najla Farid, pendiri Bittersweet By Najla, pelopor dessert box di Indonesia. Foto: Bitterweet by Najla

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Kisah sukses Najla Farid di bisnis kue bukti ibu rumah tangga juga bisa berhasil jika menekuninya dengan sungguh-sungguh. Perempuan yang akrab disapa Ala ini merupakan founder dan owner Bittersweet by Najla.  Lika-liku dalam merintis usaha kuenya telah dilewati Ala. Ala menjadi pelopor dessert box nomor 1 di Indonesia. 

Awal produk yang dibuat tidak langsung membuat dessert box yang saat ini menjadi produk unggulannya. Namun dia memulainya dengan membuat Cinnamon Roll kepada kerabat dan tetangga pada 2015, dengan modal 1 mixer dan oven.

Cinnamon Roll yang dijual saat itu menggunakan sistem preorder atau hanya memproduksi sesuai pesanan. Namun ternyata pesanannya kala itu mendapat respons positif. Dia bisa menjual sekitar 23 loyang sehari.

Namun setelah lima bulan bisnis berjalan, dia memutuskan untuk berhenti sementara. Tujuannya adalah ingin belajar lebih banyak untuk menjadi lebih profesional di bisnis yang akan ditekuninya. Dia belajar ke sejumlah kota hingga luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura.

"Setelah jualan 5 bulan, aku stop beberapa bulan untuk belajar profesional karena melihat peluang. Belajar bikin cake, tentang keuangannya dan lain-lain di dalam negeri dan luar negeri," kata dia, dikutip dari YouTube Entrepreneurs Indonesia.

Setelah itu, dia membuka kembali bisnisnya karena melihat potensi yang bagus. Pada 2017, dia akhirnya menciptakan konsep dessert box sebagai wadah penjualan produk kuenya. Saat belum memiliki outlet, dia menjual produknya lewat toko online.

Bahkan konsep kue di dalam box ini membuat Bittersweet by Najla menjadi viral dan dikenal masyarakat. Dari cuma posting di Instagram, konten yang dibuat berhasil menarik ribuan hingga jutaan orang untuk mengikuti Instagram Bittersweet by Najla. 

Pada akhir 2019, Ala akhirnya membuka outlet pertamanya khusus untuk pembelian aplikasi online. Proses produksi yang sebelumnya dikerjakan di rumah, dipindahkan ke outlet tersebut. 

Kemudian pada akhir tahun tersebut, Bittersweet by Najla kembali membuka outlet kedua di Kalibata Timur, Jakarta. Beberapa produk yang dijualnya, seperti Dessert box Regal, Dessert box Toblerone, Milk bath, Dessert box Turkish, Dessert box Red Velvet dan berbagai rasa lainnya. Bisnisnya terus berjalan meski pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada 2020.

Bittersweet berhasil melewati tahun yang berat saat itu.  Ala mencatat penjualan melalui platform online mendongkrak pendapatan hingga lebih dari 50 persen dari toko offline. Dari sana membuat bisnis usahanya terus berkembang hingga saat ini yang mempunyai sejumlah outlet.

Saat ini, Bittersweet by Najla bisa memproduksi 3.000 dessert box setiap harinya. Adapun outlet yang dimiliki sebanyak 6, yang berlokasi di Kalibata, Kemang, Rawamangun, Sunter, Depok, dan Bali. Demikian kisah sukses Najla Farid, pendiri Bittersweet by Najla. Semoga kisahnya menginspirasi Anda.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News

Bagikan Artikel Ini