get app
inews
Aa Read Next : 25 Ide Usaha Kreatif Bikin Laris di Bulan Ramadan dengan Modal Minim, Apa Saja?

Tips Menjalankan Bisnis Agar Tidak Kolaps, Kuncinya Dengan Berkolaborasi!

Senin, 19 September 2022 | 11:04 WIB
header img
Tips menjalankan bisnis di tengah ketidakpastian global

JAKARTA iNewsPandeglang.id Tips buat para usaha menjalankan bisnis di tengah ketidakpastian ekonomi global adalah dengan kolaborasi. Pakar Marketing sekaligus Founding Chairman Indonesia Brand Forum (IBF) Yuswohady menegaskan, di era sekarang ini strategi yang ampuh untuk memenangkan pasar bukan lagi berkompetisi, melainkan berkolaborasi.

“Dalam kondisi seperti ini, dan terutama pasca pandemi, strategi yang ampuh untuk memenangkan pasar bukan lagi berkompetisi, melainkan koopetisi, alias berkolaborasi. Ini adalah jantungnya keunggulan bisnis. Sebab, dengan kolaborasi, masing-masing pihak, baik brand maupun korporat dapat saling bahu-membahu mengintegrasikan ekosistem fisik maupun digital. Kolaborasi akan menghasilkan win-win solution bagi semua pihak,” ujarnya dalam webinar Indonesia Brand Forum (IBF), Senin (19/9/2022).

Yuswohady melanjutkan, kolaborasi kian penting, karena dari hari ke hari, masyarakat dan dunia bisnis menghadapi situasi mutakhir yang semakin tinggi tingkat ketidakpastiannya (uncertainty).

Dia merujuk fakta bahwa setelah dilanda aneka disrupsi (digital, milenial), datangnya pandemi, lalu meletusnya perang Rusia-Ukraina, kini masyarakat dan dunia bisnis menghadapi beragam tantangan baru yang tidak mudah.

Mulai dari beban kenaikan harga BBM, ancaman stagflasi (inflasi tinggi yang diikuti stagnannya pertumbuhan ekonomi), gangguan distribusi global (supply-chain bottleneck), hingga ketidakpastian kebijakan pemerintah.

“Disrupsi semacam itu membuat kita semua, anggota masyarakat dan dunia bisnis menghadapi dampak ekonomi dan psikologis yang tidak ringan. Situasi ketidakpastian yang makin tinggi ini menuntut kita bersikap cerdas dan cermat," ucap Yuswohady.

Oleh karena itu, menurutnya saat ini waktu yang tepat bagi para pelaku bisnis untuk menyatukan kekuatan satu sama lain, dan bergandengan tangan bersama.

"Istilah saya, ke depannya kita harus berkolaborasi, karena ‘Kalau Nggak Kolab, Bakal Kolaps’. Jangan sendirian menghadapi tantangan ini, apalagi berkompetisi tak keruan, berperang tanpa arah," cetusnya.

Dengan kolaborasi, sambung Yuswohady, akan tercipta situasi win-win. Sebaliknya, tanpa kolaborasi, maka pelaku bisnis menghabiskan banyak energi dan sumber daya, tapi tak menciptakan situasi yang saling menguntungkan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut