Awal Musim Kemarau di Indonesia Diprediksi Mundur, Ini Penjelasan BMKG

Riyan Rizki Roshali
Lahan petani padi sawah tadah hujan di Desa Bojen, Kecamatan Sobang, Pandeglang kekeringan dampak dari musim kemarau panjang mengakibatkan ratusan hektare padi terancam gagal panen. Foto dok. iNews/Iskandar Nasution

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  memprediksi bahwa awal musim kemarau tahun 2024 akan mundur di sebagian besar wilayah di Indonesia. Ini menunjukkan adanya perubahan dalam pola cuaca yang perlu diperhatikan oleh masyarakat dan pihak terkait dalam melakukan persiapan terhadap dampak yang mungkin timbul.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyebutkan bahwa awal musim kemarau tahun 2024 diprediksi akan mundur jika dibandingkan dengan rerata klimatologi 30 tahun terakhir, yaitu periode 1991 hingga 2020. Hal ini menunjukkan adanya pergeseran dalam pola cuaca yang perlu diperhatikan dalam perencanaan dan mitigasi terhadap dampak musim kemarau.

Dalam konferensi pers melalui Zoom pada Jumat (15/3/2024), Dwikorita menyatakan bahwa jika dibandingkan dengan rerata klimatologi 30 tahun terakhir, yaitu periode 1991 hingga 2020, awal musim kemarau tahun 2024 diprediksi akan mundur sebanyak 40 persen dari ZOM (Zone of Occupation of Maritime). 

Dwikorita juga menjelaskan bahwa 25% wilayah lainnya diprediksi memiliki awal musim kemarau yang sama dengan rerata klimatologinya, artinya tidak mengalami perubahan yang signifikan. “Kemudian 25% sama, artinya sama dengan rerata klimatologi dan 15% musim kemarau mulainya maju,” katanya.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network