Peringatan Dini BMKG : Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Daerah hingga 5 Agustus

Binti Mufarida
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sejumlah daerah. Foto Ilustrasi/Sindonews

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - BMKG mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat dan angin kencang yang diperkirakan akan melanda sejumlah daerah di Indonesia hingga 5 Agustus 2024. 

BMKG menyebut bahwa kondisi cuaca yang terjadi saat ini di wilayah selatan Indonesia pada bulan Juli adalah hal yang biasa. Ini karena bulan Juli merupakan puncak musim kemarau di daerah tersebut. "Kondisi ini merupakan hal yang lazim terjadi di bulan Juli mengingat secara umum wilayah Indonesia bagian selatan berada dalam periode puncak musim kemarau,” tulis BMKG, Selasa (30/7/2024).

Berikut adalah beberapa wilayah yang perlu mewaspadai kondisi cuaca ini:

- Aceh
- Riau
- Jambi
- Sumatera Utara
- Sumatera Barat
- Kepulauan Riau
- Sumatera Selatan
- Kepulauan Bangka Belitung
- Banten
- DKI Jakarta
- Jawa Barat
- Bali
- Nusa Tenggara Barat (NTB)
- Kalimantan Tengah

Kondisi cuaca ini dipengaruhi oleh aktivitas gelombang Ekuator Rossby dan gelombang Kelvin yang aktif, serta faktor pemanasan skala lokal yang mempengaruhi proses pengangkatan massa udara dari permukaan bumi ke atmosfer.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang di wilayah-wilayah tersebut.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network