Update! Kasus HIV/AIDS di Lebak Selatan Bertambah, di Malingping Ternyata Juga Ada

Epul Galih
Ilustrasi HIV/AIDS ( Foto : dok. iNews.id)

Kepala Puskesmas Cipendeuy Malingping, Ade Arifudin mengakui di wilayah kerjanya ada warganya yang terjangkit HIV/AIDS, dan saat ini sedang dalam penanganan RSUD Malingping. Kerjasama antara Puskesmas dan RSUD Malingping dalam pemantauan dan penanganan pasien HIV/AIDS dapat membantu mengurangi dampak dan memastikan pelayanan yang maksimal.

"Ya. Kasus HIV yang ditemukan di wilayah kerja kami ditemukan dan terdiagnosa oleh RSUD Malingping dan kami sudah mengkonfirmasi kebenaran kasus ini, saya selaku kepala puskesmas menindaklanjuti dengan mendatangi alamatnya dan memang benar adanya," ujarnya saat dihubungi, Kamis (21/12/2023).

Menurutnya, langkah-langkah edukasi kepada keluarga pasien HIV/AIDS tentang pentingnya rutin berobat ke RSUD Malingping dan kebijakan Puskesmas untuk merujuk kasus HIV ke RSUD Malingping atau Rangkasbitung sesuai SOP adalah tindakan yang sesuai dengan penanganan yang terkoordinasi dan terpusat. Hal ini dapat membantu memastikan pasien mendapatkan perawatan yang optimal dari spesialis yang berkompeten. 

"Puskesmas tidak memiliki fasilitas untuk melayani kasus tersebut hanya kita memiliki labolatorium sederhana untuk pemeriksaan kasus  HIV. Kegiatan kita untuk kasus HIV hanya melaporkan ke Dinkes Kabupaten dan memberikan penyuluhan saja," tuturnya.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network