Tuntutan Disepakati, Warga Ngaku Terima Kompensasi PT PN VIII Atas Lahan Terdampak Limbah Pabrik

Iskandar Nasution
Rohmah, salah satu korban terdampak limbah PT PN VIII Kertajaya. Foto iNews/Iskandar Nasution

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Sebanyak 21 warga masyarakat di Kecamatan Banjarsari, Lebak, Banten diduga terdampak limbah Pabrik Perkebunan Sawit (PKS) PT PN VIII di Desa Leuwi Ipuh, Kecamatan Banjarsari atas lahan pertanian persawahan terdampak. Seperti salah satunya warga bernama Rohmah korban terdampak.

"Udah ditanganin, udah diselesaikan. Udah bikin bibit rusak semua tidak bisa ditanam lagi. Proses kompensasi sedang dalam  proses," ucapnya saat ditemui Senin (11/12/2023).

Itu tentu pengalaman yang mengejutkan. Jika sawah tiba-tiba tergenang lumpur, dan paling parah punya lahannya. Rohmah berharap lahannya bisa dutanami lagi, sebab penghasilannya hanya dari itu saja.

Sementara Kepala Desa Leuwi Ipuh, Haji Ade Yusuf mengatakan,  warga yang terdampak ada 21 warga. Langkah responsif dari pihak perusahaan dan pemerintah setempat untuk menanggulangi dampak tersebut sangat penting. Tanggung jawab perusahaan dalam memastikan pemulihan lingkungan dan membantu masyarakat yang terdampak adalah langkah positif. Melibatkan PPL dari Kecamatan juga membantu dalam evaluasi dan penanganan dampak secara lebih rinci. 

"Ada 21 warga yang terkena dampak. Tapi, semenjak kabar itu ada laporan ke desa, kami responsif secepatnya. Untuk menanggulangi atau untuk menyelesaikan permasalahannya.Sejauh ini perusahaan sangat tanggung jawab. Kami datang ke perusahaan dengan warga," tuturnya.


Aliansi Pemuda Cilangkahan demonstrasi di PT PN VIII Kertajaya Kecamatan Banjarsari, Lebak, Banten, Senin (11/12/2023). Foto iNews/Iskandar Nasution

Sawah terdampak kata kades, di dua desa rencananya diberikan komprensasi senilai puluhan juta dan untuk sungai yang tercemar diberi bantuab pompa air.

Sebelumya sempat terjadi demo Aliansi Pemuda Cilangkahan (APC) menuntut pihak perusahaan bertanggung jawab. Pihak manajemen perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit (PKS) PT PN VIII melalui Ukhri Hatmoko selaku Manager Perusahaan ini siap bertanggung jawab dan sepakat dengan tuntutan para demonstran. Kolaborasi dan komunikasi terbuka dapat menjadi kunci dalam menyelesaikan masalah ini.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network