Kakek Buyut Ma’ruf Amin Bakal Dibuatkan Film, Ini Kisah Perjalanan Hidup Syekh Nawawi Al-Bantani

Binti Mufarida
Wapres Ma’ruf Amin ketika menerima audiensi Mizan Productions dan Yayasan Surya Nusantara yang akan memfilmkan kiprah Syekh Nawawi Al-Bantani. (Foto: Istimewa)

Sementara Wapres saat menerima audiensi tersebut menjelaskan terkait latar belakang sejarah yang sangat kental dengan nasionalisme yaitu Geger Cilegon pada tahun 1888. Yang mana  Syekh Nawawi Al-Bantani adalah salah satu tokoh penting dalam peristiwa perlawanan bersenjata rakyat Banten melawan pemerintahan Hindia Belanda.

“Geger Banten ini dalam sejarah tercatat sebagai sebuah revival (kebangkitan) gerakan kebangkitan para ulama di Indonesia yang  melahirkan bibit-bibit nilai-nilai kebangsaan. Nah,  di antara nilai kebangsaan dan religiusitas inilah yang dibahas bersama Wapres,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Wapres juga memberikan arahan agar film itu nanti mempunyai dimensi sejarah kebangsaan di satu pihak. Lalu, di sisi lain menjelaskan terkait  latar belakang keagamaan dan keilmuan dari Syekh Nawawi Al-Bantani bersama silsilah keilmuannya dengan ulama-ulama nusantara.

Yayasan Mizan serta Yayasan SNA Initiative dalam mengggarap film tersebut juga harus  melakukan riset terlebih dahulu. Pasalnya  dalam film tersebut sarat akan sejarah masa lalu dan melibatkan seorang orientalis ternama berkebangsaan Belanda yang menghabiskan banyak waktunya untuk mempelajari Islam.

“Film akan diawali terlebih dahulu  dengan riset yang mendalam karena juga melibatkan tokoh Snouck Hurgronje dan usai dilakukan riset yang cukup mendalam baru akan dibikin script dan seterusnya sebagaimana film yang sering kita saksikan,” katanya.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network