Terungkap! Ini Motif Penumpang Pesawat Asiana Nekat Buka Pintu Darurat hingga Bikin Panik

Anton Suhartono
Penumpang pesawat Asiana Airlines nekat membuka pintu darurat pesawat saat dalam penerbangan dari Jeju ke Daegu, Korea Selatan. (Foto : Yonhap via Reuters)

Tak hanya itu, penumpang yang utak-atik pintu darurat tersebut juga mengatakan kepada polisi bahwa sedang stres usai kehilangan pekerjaannya baru-baru ini.

Pihak kepolisian Daegu  juga akan menahan pria yang tak disebutkan identitasnya itu usai penyelidikan selesai.

Pengamat penerbangan yang juga mantan pejabat keselamatan kabin Korean Air Jin Seong Hyun menyampaikan sejauh pemahamannya kasus orang membuka pintu darurat saat pesawat masih mengudara belum pernah terjadi sebelumnya. Namun kejadian serupa pernah terjadi sebelumnya saat  pintu darurat dibuka penumpang ketika  pesawat masih di darat.

Salah seorang ejabat kementerian perhubungan Korsel menyatakan bahwa  pintu darurat dapat dibuka oleh pria itu karena posisi pesawat sudah dekat dengan landasan yaitu 200 meter atau 700 kaki  dari tanah. Dalam kondisi  itu tekanan di dalam dan di luar kabin sudah sama.

Sementara Kementerian Perhubungan Korsel menyatakan, polisi dan pihak terkait lainnya saat ini sedang melakukan penyelidikan mendalam atas pelanggaran undang-undang keselamatan penerbangan.

Tak hanya itu,  pihak berwenang juga menyelidiki  Asiana Airlines apakah  sudah mengikuti terkait protokol penggunaan pintu darurat atau belum. 

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network