Peringatan Dini BMKG : Waspada Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Selat Sunda

Iskandar Nasution
Potensi Gelombang tinggi di Perairan Selat Sunda. Foto Gelombang di Dermaga Pelabuhan Merak pada Senin, (10/4/2023)/iNews/Iskandar Nasution

MERAK, iNewsPandeglang.id - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi untuk diwaspadai masyarakat. Potensi gelombang tersebut terjadi di perairan Selat Sunda.

BMKG mengimbau dan waspada gelombang laut sejak Senin pagi tadi (10/4/2023) berkisar 1,5 hingga 2,5 meter sempat membuat beberapa kapal di Pelabuhan Merak sulit bersandar. Gelombang tinggi secara tiba-tiba  dan hujan deras yang terjadi akibat dampak siklon tropis di Nusa Tenggara Timur.


Guswanto, Deputy Of Meterology BMKG. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

Ketinggian gelombang laut 1,25 hingga 2,5 meter terjadi di wilayah Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan dan Samudera Hindia selatan Banten.Kondisi tersebut sangat berbahaya bagi perahu nelayan dan kapal tongkang. 

Guswanto, Deputy Of Meterology BMKG mengatakan bahwa tingginya intensitas curah hujan  pada hari ini disebabkan adanya fenomena Siklon Tropis di NTT.

"Cuaca hujan ringan adanya fenomeba Siklon Tropis di NTT," ujarnya pada Senin, (10/4/2023).

Dijelaskanyua, awan ditarik hingga ke arah Pulau Jawa hingga terjadi hujan, namun demikian hujan tidak berlangsung lama dan cuaca cerah kembali.

Meski demikian, pihak BMKG mengimbau agar Nahkoda kap untuk berhati-hati dalam melakukan pelayaran dan selalu manaati arahan dari BMKG agar pelayaran menjadi aman dan nyaman. 

Jika terjadi cuaca buruk seperti gelombang tinggi, pihak  pengelola kapal harus memastikan Ramb Door kapal berada di posisi yang tepat agar kendaraan bermotor bisa memasuki lambung kapal dan jika cuaca buruk cukup parah lebih baik kapal  tidak berlayar karena membahayakan perjalanan kapal tersebut.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network