get app
inews
Aa Read Next : Irwasda Polda Banten Laksanakan Subuh Keliling: Ajak Warga Bersama Jaga Keamanan Pilkada

Putusan MK agar Bisa Diterapkan di Pilkada 2024, Begini Tahapan yang Harus Dilalui

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 23:54 WIB
header img
Ilustrasi Pilkada 2024. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Jelang pendaftaran Pilkada 2024 yang dimulai pada 27-29 Agustus 2024, publik masih menunggu penerapan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ambang batas pencalonan dan batas usia. DPR, KPU, dan Presiden Jokowi telah menyatakan komitmennya untuk mematuhi putusan MK, tetapi sejumlah tahapan masih harus dilalui.

Anggota DPR dari PDIP, Rieke Diah Pitaloka, menjelaskan bahwa KPU harus segera mengubah Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 sesuai dengan amar putusan MK

"Kami mendesak KPU untuk segera menyelesaikan perubahan PKPU Nomor 8 Tahun 2024, dengan mengakomodasi semua pertimbangan dan amar putusan MK yang dibacakan pada 20 Agustus 2024," katanya dalam keterangannya yang dikutip Sabtu, 24 Agustus 2024.

Untuk menerapkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Pilkada 2024, berikut tahapan yang harus dilalui:

1. Perubahan PKPU
KPU harus mengubah Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota. Perubahan ini harus mengakomodasi putusan MK yang dibacakan pada 20 Agustus 2024.

2. Rapat Konsultasi DPR
DPR perlu mengadakan rapat konsultasi dengan KPU dan pemerintah untuk membahas perubahan PKPU. Rapat ini hanya untuk memenuhi prosedur tanpa mengubah substansi putusan MK.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut