get app
inews
Aa Read Next : Tahan Imbang Arab Saudi, Ranking FIFA Timnas Indonesia Melesat

Sejarah Perluasan Masjidil Haram: Perjalanan Panjang untuk Melayani Jemaah dari Seluruh Dunia

Senin, 17 Juni 2024 | 11:21 WIB
header img
Masjidil Haram. (Foto: Pinterest)

Perluasan Selanjutnya di Abad 20

Pada 1398 H, Mataf diperluas hingga bentuknya seperti saat ini, dengan marmer tahan panas dari Yunani yang menghiasi lantainya. Perubahan ini juga melibatkan relokasi mimbar dan makbariyah, serta memperluas ruang bawah tanah Sumur Zamzam dengan pintu masuk di dekat tepi masjid yang menghadap Ma'saa.

Pada 1406 H, lantai yang termasuk dalam perluasan pertama di Saudi dilapisi dengan marmer yang sejuk dan tahan panas, meningkatkan kenyamanan jemaah. Dedikasi untuk melayani jemaah haji dilanjutkan dengan peletakan batu pertama ekspansi kedua pada 1409 H, yang selesai pada 1411 H. Fase ini mencakup halaman luas di sekitar masjid yang dilapisi marmer tahan panas, serta dilengkapi dengan penerangan dan peralatan tambahan untuk ruang shalat, mencakup area seluas 88.000 meter persegi.

Perluasan di Abad 21

Pada 1415 H, area Safa di lantai satu diperluas untuk memperlancar arus jemaah yang melakukan sa'i. Pada 1418 H, Jembatan Al Raqubah dibangun untuk menghubungkan atap Masjidil Haram dengan kawasan Al Raqubah, memudahkan akses keluar masuk atap.

Perluasan paling signifikan dalam sejarah Masjidil Haram terjadi pada 1432 H, meningkatkan kapasitas masjid untuk menampung 1,85 juta jemaah.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut