get app
inews
Aa Read Next : Serunya Mengisi Liburan Sekolah, Anak-Anak SD Diajarkan Polisi Cara Berenang di Sungai

Peringati Hari Laut Sedunia, KKP Lakukan Aksi Bersih Pantai dan Laut di Pantai Carita

Sabtu, 08 Juni 2024 | 19:06 WIB
header img
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaksanakan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Foto IST/Iskandar Nasution


PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaksanakan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini merupakan aksi nyata kolaboratif yang diinisiasi KKP bersama para stakeholder, termasuk pemerintah, pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat. Gerakan ini adalah wujud komitmen KKP dalam menangani sampah di laut.

Acara ini digelar pada Sabtu, 8 Juni 2024, bertempat di Pantai Carita Pandeglang, bertepatan dengan Hari Laut Sedunia (World Ocean Day).

Strategi Ekonomi Biru pemerintah Indonesia dijabarkan dalam program prioritas Menteri Kelautan dan Perikanan, salah satunya diimplementasikan melalui Bulan Cinta Laut. Program ini melibatkan partisipasi nelayan untuk mengumpulkan sampah, terutama plastik, di laut. Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut ini dilakukan secara masif di seluruh Indonesia sebagai upaya mengedukasi dan meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai, pesisir, dan laut.

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap penanganan sampah menjadi langkah awal untuk melaksanakan aksi kolaboratif ini. Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang, sebagai Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut KKP, berkolaborasi dengan Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII), PT Krakatau Posco, Bank Syariah Indonesia, Kelompok Masyarakat Alam Bawah Laut Sukarame, dan Bank Sampah Digital. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan pemerintah daerah, TNI-AL, Polsek Carita, SMPN 3 Carita, dan beberapa perguruan tinggi seperti UNTIRTA, UNPAD, UPI, dan lainnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong semangat masyarakat, akademisi, dan pemerintah dalam meningkatkan kepedulian terhadap penanganan sampah pesisir dan laut,” ujar Santoso Budi Widiarto, Kepala LPSPL Serang.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut