get app
inews
Aa Read Next : Serunya Mengisi Liburan Sekolah, Anak-Anak SD Diajarkan Polisi Cara Berenang di Sungai

Peringati Hari Laut Sedunia, KKP Lakukan Aksi Bersih Pantai dan Laut di Pantai Carita

Sabtu, 08 Juni 2024 | 19:06 WIB
header img
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaksanakan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Foto IST/Iskandar Nasution

Hari Laut Sedunia (World Oceans Day, WOD) yang diperingati setiap tanggal 8 Juni merupakan momentum penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan ekosistem laut. WOD 2024 bertemakan "Mengkatalisasi Aksi untuk Laut dan Iklim Kita (Catalyzing Action for Our Ocean & Climate)", mendorong kolaborasi transformatif yang bertujuan untuk menciptakan planet biru yang sehat dan masyarakat yang lebih adil, setara, dan berkelanjutan.

Kegiatan GBPL dilakukan dengan pengambilan sampah berdasarkan kategori seperti plastik, kertas, kaca, logam, organik, dan residu. Total sampah yang terkumpul sebanyak 113 kg, dengan sampah plastik mencapai 13% dari total perolehan sampah. Selain itu, edukasi mengenai penanganan sampah plastik di pesisir dan laut juga dilakukan terhadap peserta, disertai dengan kegiatan beach camp dan transplantasi karang sebagai bagian dari rangkaian peringatan World Ocean Day 2024.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut