get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Komitmen Peduli Lingkungan dan Masyarakat, PT TCI Pekerjakan 50 Warga Lokal

Tim Verifikasi Geopark Nasional Kunjungi Situs Warisan Geologi Berkelas Internasional di Cihara

Sabtu, 18 Mei 2024 | 22:43 WIB
header img
Tim Verifikasi Geopark Nasional melakukan kunjungan ke situs warisan geologi salah satunya yang berkelas internasional di Kawasan Cigaber, Desa Lebak Pendeuy, Kecamatan Cihara, Lebak, Banten. Foto iNews/Eman

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Tim Verifikasi Geopark Nasional bersama Pemprov Banten dan Pemkab Lebak melakukan kunjungan ke situs warisan geologi. Salah satunya yang berkelas internasional di Kawasan Cigaber, Desa Lebak Pendeuy, Kecamatan Cihara, Lebak, Banten, Sabtu (18/5/2024).

Kunjungan ini dilakukan untuk mengevaluasi potensi dan nilai situs tersebut sebagai bagian dari Geopark Nasional.  Situs tersebut diyakini memiliki nilai warisan dunia yang penting dan dapat menjadi bagian dari upaya menjaga keberagaman geologi serta meningkatkan ekonomi masyarakat setempat secara berkelanjutan. 

Ir. H. Engkap Kapriadi, Direktur Badan Pengelola Geopark Bayah Dome, menjelaskan bahwa Tim Verifikasi Geopark Nasional telah melakukan kunjungan ke situs warisan geologi di Cihara. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mengevaluasi potensi dan nilai situs tersebut sebagai bagian dari Geopark Nasional. 

Situs ini memiliki nilai warisan dunia yang penting dan dapat membantu menjaga keberagaman geologi serta meningkatkan ekonomi masyarakat setempat secara berkelanjutan. 

"Geopark ini memiliki dua tujuan utama sesuai dengan Undang-Undang Peraturan Presiden 2019. Pertama, untuk menjaga warisan dunia, dan kedua, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan," ujarnya saat ditemui di lokasi, Sabtu (18/5/2024).

Menurutnya, batuan seperti granodiorit dan batuan metamorf, memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi situs warisan. Dari 66 jenis batuan yang ada di Kabupaten Lebak, 32 di antaranya memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai situs warisan geologi. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut