get app
inews
Aa Read Next : Kelola Sampah dengan Efektif, Kota Cilegon Diapresiasi Setda Kota Bukittinggi

Kota Cilegon Ulang Tahun ke-25 Hari Ini, Simak Sejarah dan Asal-usulnya hingga Jadi Kota Industri

Sabtu, 27 April 2024 | 16:07 WIB
header img
Tugu Baja sebagai Landmark Kota Cilegon, Banten. Foto IG @azzahralintang

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Hari ini Sabtu (27/4/2024) tepat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25.  Perayaan ulang tahun ke-25 Kota Cilegon menjadi momentum yang tepat untuk mengingat sejarah dan asal-usul kota ini yang telah berkembang menjadi salah satu kota industri terkemuka di Indonesia. 

Dikutip dari berbagai sumber Cilegon adalah sebuah kampung kecil yang terletak di tepi pantai Selat Sunda. Nama "Cilegon" berasal dari kata "Ci" yang berarti air dan "Legon" yang berarti lengkungan, mengacu pada banyaknya kubangan air atau rawa-rawa di sekitarnya.

Sejarah Cilegon tidak bisa dipisahkan dari peran Kesultanan Banten. Pada masa itu, Cilegon menjadi jalur perlintasan penting antara Pulau Jawa dan Sumatra karena dekat dengan Pelabuhan Merak, salah satu pelabuhan utama di Banten.

Di bawah penjajahan Belanda, Cilegon menjadi pusat pembangunan karena potensi sumber daya alamnya, seperti minyak bumi dan batu bara. Pendirian Pertamina oleh Belanda pada tahun 1916 memperkuat posisi kota ini sebagai pusat industri.

Setelah kemerdekaan, Cilegon berkembang menjadi salah satu kota industri terbesar di Indonesia. Industri minyak bumi, baja, dan petrokimia tumbuh pesat, memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi nasional.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut