get app
inews
Aa Read Next : Kakek Berusia 101 Tahun, Jemaah Tertua di Pandeglang Semangat Berangkat Haji

Perburuan Liar Badak Jawa di TNUK Terkuak, Pelaku Diadili, Pembeli Cula Masih Misterius!

Kamis, 25 April 2024 | 04:53 WIB
header img
Petugas Sita Ratusan Senpi Locok dari Warga Sekitar di Taman Nasional Ujung Kulon. Foto TNUK

Dalam waktu sekitar 2,5 jam dari tengah hari, mereka menemukan seekor badak. Nendi mendekati badak itu hingga berjarak sekitar 15 meter, sementara tiga rekannya menunggu dari kejauhan.

Nendi melepaskan dua tembakan, yang masing-masing mengenai pantat dan perut badak tersebut. Akibat tembakan tersebut, badak tersebut roboh. Setelah itu, Haris menyembelih badak tersebut menggunakan golok.

Setelah itu, cula badak tersebut dibawa pulang dalam kantong plastik. Setibanya di rumah, mereka menyimpan cula itu di dalam ember dan menyembunyikannya di atas plafon. Beberapa hari kemudian, Nendi pergi ke Jakarta untuk bertemu dengan Yogi, yang bertindak sebagai penghubung dengan calon pembeli.

Cula badak itu ditawarkan kepada pembeli dengan harga awal Rp 300 juta, namun akhirnya terjual dengan harga Rp 280 juta. Hasil penjualan tersebut kemudian dibagi di antara mereka, dengan masing-masing mendapatkan bagian sebesar Rp 68,75 juta, seperti yang diungkapkan dalam surat dakwaan.

Nendi ditangkap pada 26 November 2023 di sebuah rumah makan di belakang Terminal Grogol, Jakarta Barat. Setelah penangkapan, polisi membawanya ke rumahnya di Kampung Ciakar, RT/RW. 20/06, Desa Rancapinang, Cimanggu, Pandeglang, Banten.

Di rumah Nendi, polisi menemukan sejumlah senjata api, termasuk satu senapan moser dengan 12 butir amunisi, satu pistol dengan empat butir peluru, dan sepuluh selongsong peluru. Selain itu, Nendi juga kedapatan mencuri empat unit kamera trap jenis Bushnell Nature View Cam HD Max 12 Mp milik Balai TNUK. Akibat pencurian ini, Balai TNUK mengalami kerugian  sekitar Rp26.999.999,-

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut