get app
inews
Aa Read Next : Bolehkah Menggabungkan Puasa Syawal dengan Puasa Senin Kamis, Bagaimana Cara Menggabungkan Niatnya 

Jadi Waktu Terbaik Untuk Menikah Anjuran Rasulullah SAW, Ini Dia Keistimewaan Bulan Syawal

Selasa, 16 April 2024 | 12:15 WIB
header img
Ilustrasi pernikahan suami istri.(Foto:Ist)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Bulan Syawal memiliki keutamaan selain dari perayaan Idulfitri, yaitu umat Muslim dianjurkan untuk menikah di bulan tersebut. Rasulullah SAW sendiri menikahi Sayyidah Aisyah di bulan Syawal, sehingga menikah di bulan ini dianggap istimewa.

Alasan utama mengapa menikah di bulan Syawal dianjurkan adalah karena tindakan tersebut merupakan amalan yang dianjurkan dalam Islam. Dengan demikian, meskipun menikah di bulan Syawal dapat menjadi pilihan yang bermakna secara spiritual, memilih waktu yang lain untuk menikah juga sama baiknya. Yang terpenting adalah niat yang tulus, persiapan yang matang, dan menjalani pernikahan dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab.

Selain itu, menurut pandangan dari madzhab Syafi'i, menikah, menikahkan, atau berhubungan intim yang halal pada bulan Syawal dianggap sebagai sunnah. Namun, hal ini tetap harus memperhatikan apakah memungkinkan untuk melaksanakan pernikahan pada bulan tersebut.

Bulan Syawal memiliki keistimewaan sebagai waktu yang dianjurkan untuk menikah berdasarkan anjuran Rasulullah SAW. Beberapa keistimewaan bulan Syawal dalam konteks pernikahan adalah:

Pilihan Rasulullah SAW
Rasulullah SAW sendiri menikahi Sayyidah Aisyah di bulan Syawal, menunjukkan keutamaan bulan ini dalam institusi pernikahan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut